PERSEPSI SISWA DI SMK ISLAM TERPADU ALFURQON SANDEN TERHADAP VIDEO PENGEROYOKAN GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor)

SUKARMAN, NIM 15210045 (2019) PERSEPSI SISWA DI SMK ISLAM TERPADU ALFURQON SANDEN TERHADAP VIDEO PENGEROYOKAN GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA DI SMK ISLAM TERPADU ALFURQON SANDEN TERHADAP VIDEO PENGEROYOKAN GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor))
15210045_BAB I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA DI SMK ISLAM TERPADU ALFURQON SANDEN TERHADAP VIDEO PENGEROYOKAN GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor))
15210045_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Media sosial merupakan media populer yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan hasil riset We are Social Hootsuite yang diliris pada bulan januari tahun 2019, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta, atau sebesar 56% dari total populasi. Jumlah tersebut naik 20% dari hasil survey sebelumnya. Informasi yang tersebar di media sosial pun sangat cepat dan dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Salah satu yang sempat viral di media sosial adalah tentang video pengeroyokan guru yang terjadi di SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal Jawa, dan sempat memunculkan beragam persepsi di kalangan netizen pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah video pengeroyokan guru di media sosial, sedangkan subjek penelitiannya siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Islam Terpadu Al-furqon Sanden yang mengetahui objek penelitian. Teori yang digunakan yaitu teori persepsi, video, pengeroyokan, dan media sosial. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi teknik reduksi data, proses penyajian data dan proses menarik xx kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah persepsi siswa di SMK Islam Terpadu Al-furqon Sanden khususnya siswa Jurusan TBSM terhadap video pengeroyokan guru di media sosial, terdapat perbedaan pendapat, ada yang memiliki persepsi setuju sebagai video pengeroyokan, dan ada yang memiliki persepsi tidak setuju sebagai video pengeroyokan, namun hanya sebagai candaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa yaitu faktor eksternal atensi dari gerakan pelaku dalam video, faktor internal atensi dari kognitif siswa, serta faktor ciri kepribadian siswa. Kata Kunci: Persepsi, Pengeroyokan, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pengeroyokan, Media Sosial
Subjects: Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:27
Last Modified: 16 Jul 2020 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum