PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN INSTAGRAM STORIES TERHADAP SELF DISCLOSURE DI KALANGAN SISWA MAN 1 YOGYAKARTA

Muhammad Faqih Anshori, NIM 15210049 (2019) PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN INSTAGRAM STORIES TERHADAP SELF DISCLOSURE DI KALANGAN SISWA MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN INSTAGRAM STORIES TERHADAP SELF DISCLOSURE DI KALANGAN SISWA MAN 1 YOGYAKARTA)
15210049_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN INSTAGRAM STORIES TERHADAP SELF DISCLOSURE DI KALANGAN SISWA MAN 1 YOGYAKARTA)
15210049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu platfom media sosial yang sedang digandrungi oleh kalangan remaja yang menyajikan fitur pengabadikan momen dalam format audio visual dan membagikannya. Dalam aplikasi instagram terdapat salah satu fitur yang menjadi unggulan yaitu instastory atau instagram story. Fitur dengan pengaturan unggahan konten foto, video, teks dengan jangka waktu maksimal 24 jam tanpa ter-unggah dalam beranda pemilik akun. Fleksibilitas dari fitur ini membuat penggunaan instastory semakin diminati baik untuk sekedar melihat postingan dari pengguna akun instagram lain hingga dimanfaatkan untuk pengguna yang kurang asertif ketika ingin mengungkapkan diri secara langsung atau face to face. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect dengan definisi konsep intensitas penggunaan dan self disclosure. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan perhitungan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Kedua uji data tersebut dihitung menggunakan SPSS versi 25. Menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sample, didapatkan hasil 80 responden dari 259 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis nonparametric dengan rumus Chi-Square. Untuk mengetahui besar pengaruh menggunakan rumus koefisien kontingensi dalam perhitungannya menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan instagram story oleh siswa MAN 1 Yogyakarta berpengaruh dengan tingkat kategori cukup terhadap self disclosure dalam media sosial yaitu instagram story, Artinya terdapat faktor lain yang mempengaruhi self disclosure dalam media sosial seperti usia, jenis kelamin serta kehadiran platfom media sosial lain yang menyajikan fitur yang sama, kemudahan dalam pengaksesannya sehingga publik dapat bebas memilih dan lingkungan yang ditempati dapat mempengaruhi perilaku asertifisan pengungkapan diri. Kata Kunci : Intensitas Menggunakan, Self Disclosure

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menggunakan, Self Disclosure
Subjects: Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:27
Last Modified: 16 Jul 2020 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum