PERAN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG KEAGAMAAN (STUDI PADA MASJID PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA)

Prima Agus Setiyawan, NIM: 14230004 (2019) PERAN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG KEAGAMAAN (STUDI PADA MASJID PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG KEAGAMAAN (STUDI PADA MASJID PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA))
14230004 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG KEAGAMAAN (STUDI PADA MASJID PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA))
14230004 BAB II, III .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Prima Agus Setiyawan, 14230004. Peran Masjid dalam Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Keagamaan (Studi Masjid Perak Kotagede Yogyakarta), Skripsi. Pembimbing: Dr. Moh Abu Suhud., Yogyakarta: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai rumah Allah, Masjid Perak Kotagede mempunyai beberapa program yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang bertaqwa, berjiwa humanis dan peduli terhadap lingkungan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, Masjid Perak Kotagede mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa sosial dan keagamaan. Diantara kedua program tersebut, program yang bernuansa keagamaan mempunyai intensitas yang lebih banyak, tentu saja karena fungsi utama masjid adalah sebagai tempat peribadatan bagi umat islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemberdayaan agama dan manfaatnya terhadap masyarakat. Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk program keagamaan yang diselenggarakan oleh Masjid Perak Yogyakarta yang terjadwal setiap harinya, mulai dari kajian harian, mingguan, serta bulanan, yang diperuntukkan kepada seluruh jama’ah, dengan berjalannya kegiatan dan program pemberdayaan keagamaan di Masjid Perak yang dirasakan oleh masyarakat Kotagede adalah suatu keuntungan, terutama dalam bidang kerohanian, yaitu meningkatnya pendalaman ilmu, ibadah, dan taqwa masyarakat, kesadaran tentang shadaqoh. Keuntungan yang lain dengan berjalannya program pemberdayaan keagamaan ini adalah menambah silaturahmi dan ukhuwah antar warga. Kata kunci: bentuk, pemberdayaan, manfaat, masjid, Kota Perak, Masjid Perak, Kotagede.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh Abu Suhud., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: bentuk, pemberdayaan, manfaat, masjid, Kota Perak, Masjid Perak, Kotagede
Subjects: Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:28
Last Modified: 16 Jul 2020 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum