KALEN EDUKASI LUPATMO: STUDI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM MERUBAH KALEN KOTOR MENJADI KALEN EDUKASI DI DUSUN MANGGUNG

Ainul Ardi Hakim, NIM 142300361 (2019) KALEN EDUKASI LUPATMO: STUDI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM MERUBAH KALEN KOTOR MENJADI KALEN EDUKASI DI DUSUN MANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KALEN EDUKASI LUPATMO: STUDI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM MERUBAH KALEN KOTOR MENJADI KALEN EDUKASI DI DUSUN MANGGUNG)
14230061_AINUL ARDI HAKIM_BAB I_IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KALEN EDUKASI LUPATMO: STUDI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM MERUBAH KALEN KOTOR MENJADI KALEN EDUKASI DI DUSUN MANGGUNG)
14230061_AINUL ARDI HAKIM_BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Air merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Jumlah dan aktvitas manusia akan berdampak pada lingkungan. Berdasarkan pantauan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (LH RI) tahun 2014, sebanyak 75% sungai di Indonesia tercemar berat akibat buangan air limbah rumah tangga. Hal ini terjadi akibat sistem pembuangan air limbah yang tergolong buruk. Perubahan perlu adanya kesadaran dan kemauan seperti yang dilakukan oleh masyarakat Lupatmo Dusun Manggung, masyarakat yang mampu merubah kalen kotor menjadi kalen edukasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan, kendala dan hasil pengembangan masyarakat dalam merubah kalen kotor menjadi kalen edukasi di Dusun Manggung. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive berdasarkan kriteria. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Masyarakat dalam merubah kalen kotor menjadi kalen edukasi melalui beberapa tahapan yaitu: penyadaran terhadap masyarakat, penataan-pembinaan, pelaksanaan dan kemandirian. Adapun kendala dari pengambangan yaitu: kestabilan, ketergantungan dan kepentingan. Hasil dari pengembangan dari segi kesehatan, edukasi-hiburan, ekonomi dan prestasi. Kata kunci: Tahapan Pengembangan Masyarakat, Kalen, Kalen Edukasi Lupatmo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tahapan Pengembangan Masyarakat, Kalen, Kalen Edukasi Lupatmo
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:29
Last Modified: 16 Jul 2020 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum