PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MENJADI BARISTA KOPI (STUDI PELATIHAN BARISTA INKLUSIF OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA)

Husni Tamrin, NIM: 15230044 (2019) PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MENJADI BARISTA KOPI (STUDI PELATIHAN BARISTA INKLUSIF OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MENJADI BARISTA KOPI (STUDI PELATIHAN BARISTA INKLUSIF OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA))
15230044_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MENJADI BARISTA KOPI (STUDI PELATIHAN BARISTA INKLUSIF OLEH PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA))
15230044_BAB II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan penyandang disabilitas banyak dilakukan melalui pelatihan keterampilan. Keberagaman jenis keterampilan yang disesuaikan dengan bakat dan minat penyandang disabilitas, serta memperhatikan tren permintaan pasar sangat penting diperhatikan ketika menentukan model pelatihan. Adalah Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta mencoba memperhatikan kedua aspek tersebut dengan memberi pelatihan bernama Pelatihan Barista Inklusif. Dengan mengusung tema “karena kopi kita setara” pelatihan gratis ini hadir menjadi wadah belajar bagi` penyandang disabilitas yang memiliki passion di dunia kopi khususnya menjadi seorang penyaji kopi profesional atau lebih dikenal dengan istilah barista kopi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap konsep, tahapan, serta hasil dari pemberdayaan disabilitas melalui Pelatihan Barista Inklusif. Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode penulisan dengan analisis deskriptif. Subyek yang diteliti meliputi alumni pelatihan yang sudah mandiri dan staf pelaksana Pelatihan Barista Inklusif Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan cara reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelatihan Barista Inklusif ini terdapat konsep pemberdayaan dan konsep inklusi sosial. Dalam prosesnya terdapat tiga tahapan yaitu, tahap penyadran, pengkapasitasan dan pendampingan usaha, serta tahap terakhir yaitu pembentukan jaringan bisnis. Adapun hasil yang dirasakan oleh alumni penyandang disabilitas setelah mengikuti pelatihan barista inklusif, yaitu memiliki keterampilan meracik kopi, memiliki pekerjaan dan peningkatan ekonomi. Kata kunci: Disabilitas, Pemberdayaan, Pelatihan Barista Inklusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Disabilitas, Pemberdayaan, Pelatihan Barista Inklusif
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:30
Last Modified: 16 Jul 2020 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum