ANALISIS FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP INFLASI DI KABUPATEN BREBES (PENDEKATAN TIME SERIES DAN VAR)

WATI LESTARI, NIM. 15810017 (2019) ANALISIS FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP INFLASI DI KABUPATEN BREBES (PENDEKATAN TIME SERIES DAN VAR). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP INFLASI DI KABUPATEN BREBES (PENDEKATAN TIME SERIES DAN VAR))
WATI LESTARI_15810017_BAB I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP INFLASI DI KABUPATEN BREBES (PENDEKATAN TIME SERIES DAN VAR))
WATI LESTARI_15810017_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Brebes merupakan pemasok bawang merah terbesar di Jawa Tengah. Dimana daerah tersebut sering disebut dengan julukan lumbung bawang merah nasional. Bawang merah itu sendiri memiliki peranan yang sangat strategis, seperti bumbu masak, bahan pelengkap, obat-obatan dalan lain-lain. Hal tersebut menjadikan bawang merah banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Selain memliki banyak manfaat, komoditas bawang merah juga termasuk ke dalam golongan komoditas hortikultura yang sering mengalami fluktuasi harga setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecenderungan perkembangan harga bawang merah di Kabupaten Brebes di masa mendatang dan mengetahui pengaruhnya terhadap inflasi. Adapun periode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari 2015.1 hingga 2018.12, dengan alat analisis ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) untuk mengetahui perkembangan harga bawang merah di masa mendatang dan model VAR (Vector Autoregressive) untuk mengetahui pengaruh perkembangan harga komoditas bawang merah tersebut terhadap inflasi di Kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan harga komoditas bawang merah di Kabupaten Brebes dari Januari 2015 sampai dengan Desember 2019 menunjukkan rata-rata perubahan harga yang positif, sehingga tren data menunjukkan kecenderungan yang meningkat dengan pola yang fluktuatif. Fluktuasi harga bawang merah tersebut berpengaruh positif terhadap tingkat inflasi di Kabupaten Brebes. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji IRF bahwa inflasi merespon positif ketika terjadi guncangan pada harga bawang merah, yang artinya setiap kenaikan harga bawang merah akan meningkatkan inflasi. Kontribusi harga bawang merah terhadap inflasi sangatlah kecil, hal ini dapat dilihat dari uji Variance Decomposition. Kata Kunci: Inflasi, Harga Bawang Merah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Harga Bawang Merah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2020 10:10
Last Modified: 20 Jul 2020 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum