PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA PASAR KEBON EMPRING DUSUN BINTARAN WETAN, DESA SRIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL

RAHMA FITRI MULIANI, NIM: 15720014 (2019) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA PASAR KEBON EMPRING DUSUN BINTARAN WETAN, DESA SRIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA PASAR KEBON EMPRING DUSUN BINTARAN WETAN, DESA SRIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL)
15720014_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA PASAR KEBON EMPRING DUSUN BINTARAN WETAN, DESA SRIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL)
15720014_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Desa wisata merupakan kelompok swadya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan. Desa wisata berupaya mewadahi peran dan partisipasi masyarakat melalui keikutsertaan dalam mensukseskan pengembangan kepariwisataan, serta sebagai media pemberdayaan bagi kesejahteraan masyarakat. Peran masyarakat Dusun Bintaran Wetan sangat besar dalam menentukan keberhasilan pengembangan desa wisata, akan tetapi tidak semua masyarakat aktif dalam pengembangan desa wisata. Kelompok Sadar Wisata Berlian Bintaran di Pasar Kebon Empring bertekad membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat agar mereka menyadari akan kelebihan Dusun Bintaran Wetan yang berpotensi apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Kelompok Sadar Wisata Berlian Bintaran dalam memberdayakan masyarakat Dusun Bintaran Wetan. Penelitian ini menggunakan teori Aksi (Action theory) dari Talcott Parsons. Menurut Talcott Parsons aksi merupakan pengambilan keputusan secara subyektif oleh pelaku untuk memilih cara mencapai tujuan yang dibatasi oleh berbagai gagasan dan kondisi situasional. Aksi menyangkut perbuatan yang dilakukan oleh satu atau beberapa pelaku. Metode penelitian ini menggunakan metode jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Kelompok Sadar Wisata Berlian Bintaran penting bagi pengembangan Desa Wisata Pasar Kebon Empring. Penelitian ini menjelaskan bahwa Pokdarwis Berlian Bintaran memiliki tiga program dalam memberdayakan masyarakat Dusun Bintaran Wetan, yaitu penyadaran, pengembangan, dan pembinaan. Pada awal mejalankan perannya Pokdarwis Berlian Bintaran menghadapi beberapa kendala yaitu lingkungan yang kotor, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), dan pergeseran persepsi masyarakat. Pokdarwis Berlian Bintaran juga menemukan faktor penghambat dalam mengembangkan desa wisata yaitu kurangnya partisipasi masyarakat, kurangnya rasa percaya diri masyarakat dan kurangya SDM. Pokdarwis Berlian Bintaran mampu melalui kendala dan penghambat tersebut dengan berbagai faktor pendukung yaitu semangat dan dukungan pionir, kekuatan konsisten, serta respon positif dari masyarakat. Kata Kunci: kelompok sadar wisata, desa wisata, pemberdayaan, dan teori aksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ambar Sari Dewi S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: kelompok sadar wisata, desa wisata, pemberdayaan, dan teori aksi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jul 2020 13:06
Last Modified: 24 Jul 2020 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum