PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MAN “X” MAGELANG

Ahmad Manan Darmawan, NIM. 14710027 (2019) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MAN “X” MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MAN “X” MAGELANG)
14710073_BAB I_BAB _TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MAN “X” MAGELANG)
14710073_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perilaku disiplin merupakan bagian dari karakter baik yang penting dimiliki individu. Salah satu cara untuk meningkatkan perilaku disiplin yaitu dengan konseling kelompok pendekatan behavioral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektiftas penerapan konseling kelompok pendekatan behavioral untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di salah satu MAN di Magelang. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 10 orang siswa yang masuk dalam kolompok ekperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Perilaku Disiplin. Penelitian ini menggunakan desain kelompok one group pre test-post test. Hasil uji hipotesis menggunakan SPSS berupa analisis non parametric Wilcoxon Signed Rank, untuk menguji perbedaan skor antara pretest-posttest, posttest-follow up, dan pretest-follow up pada kelompok eksperimen. Hasil analisis data pada kelompok eksperimen menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perilaku disiplin pada saat pre-test dengan post-test yang dibuktikan dengan diperoleh nilai p sebesar 0.005 (p<0.05) dengan rata-rata pre-test 93.8 dan post test sebesar 98,9. Pada uji beda antara post-test dengan follow-up juga signifikan yang dibuktikan dengan diperolehnya nilai p sebesar 0.044 (p<.05) dengan rata-rata post-test 98.9 dan follow up sebesar 106,1. Kemudian, terdapat perbedaan signifikan antara rerata skor pre-test (93,8) dengan rerata skor followup (106,1) yaitu nilai p sebesar 0.007. Berdasarkan hasil analisis data di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok pendekatan behavioral efektif meningkatkan perilaku disiplin siswa. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioral, Perilaku Disiplin, Siswa MAN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lisnawati S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioral, Perilaku Disiplin, Siswa MAN
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:00
Last Modified: 29 Jul 2020 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum