PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PERNAPASAN ULAR PUCUK (Ahaetulla prasina Boie, 1827) DAN ULAR AIR PELANGI (Xenopeltis unicolor Reinwardt, 1827)

Anria Dwi Kartika, NIM 13640008 (2019) PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PERNAPASAN ULAR PUCUK (Ahaetulla prasina Boie, 1827) DAN ULAR AIR PELANGI (Xenopeltis unicolor Reinwardt, 1827). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PERNAPASAN ULAR PUCUK (Ahaetulla prasina Boie, 1827) DAN ULAR AIR PELANGI (Xenopeltis unicolor Reinwardt, 1827))
13640008_BAB_I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PERNAPASAN ULAR PUCUK (Ahaetulla prasina Boie, 1827) DAN ULAR AIR PELANGI (Xenopeltis unicolor Reinwardt, 1827))
13640008_BAB_II_SAMPAI_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Organ pernapasan ular dari tingkat famili yang sama yaitu Colubridae memiliki struktur anatomi organ pernapasan yang berbeda sesuai dengan habitatnya masing-masing ular air pelangi (Xenopeltis unicolor) mewakili habitatnya semi akuatik dan ular pucuk (Ahaetulla prasina) mewakili habitat darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur anatomi, morfometri, histologi, mikromorfometri dari paru-paru dan trakea pada ular air pelangi dan ular pucuk. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif antar spesies. Metode yang digunakan pengamatan secara langsung dengan bantuan menggunakan kamera. Pengamatan histologi menggunakan preparat permanen dengan metode paraffin dan pewarnaan hematoxylin-eosin. Hasil penelitian ini trakea pada ular air pelangi membentuk huruf O sedangkan pada ular pucuk membentuk huruf C, panjang trakea ular air pelangi lebih pendek dan jarak antar tulang cincin lebih rapat dibandingkan dengan ular pucuk yang memiliki trakea panjang dan jarak antar tulang cincin lebih renggang, struktur paru-paru ular air pelangi dan ular pucuk terbagi menjadi dua yaitu vaskuler dan avaskuler pada paru-paru ular air pelangi terdapat dua kanan dan kiri, sedangkan pada ular pucuk memiliki satu paru-paru disebelah kanan., paru-paru ular air pelangi memiliki septa di bagian vaskuler lebih tebal dibandingkan ular pucuk. Kata kunci: Anatomi organ pernapasan, Colubridae, Morfometri, Ular air pelangi (Xenopeltis unicolor), Ular pucuk (Ahaetulla prasina).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Anatomi organ pernapasan, Colubridae, Morfometri, Ular air pelangi (Xenopeltis unicolor), Ular pucuk (Ahaetulla prasina).
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:34
Last Modified: 07 Aug 2020 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum