Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair Berbahan Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) dan Limbah Tahu terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Dutch Bucket

Arnantia Janah Isnaini, NIM 15640018 (2019) Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair Berbahan Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) dan Limbah Tahu terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Dutch Bucket. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair Berbahan Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) dan Limbah Tahu terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Dutch Bucket)
13640018_BAB_I DAN V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair Berbahan Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) dan Limbah Tahu terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Dutch Bucket)
15640018_BAB II SAMPAI_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus akan berdampak pada pengerasan tanah dan keselamatan manusia. Oleh sebab itu dibutuhkan alternative untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik dengan digantikannya menggunakan pupuk organik. Daun kirinyuh (Chromolaena odorata L.) dan limbah cair tahu berpotensi untuk dijadikan pupuk organik cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk cair hasil fermentasi daun kirinyuh dan limbah cair tahu terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy, serta mengetahui komposisi POC (Pupuk Organik Cair) daun kirinyuh dan limbah cair tahu yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman pakcoy. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sistem hidroponik dengan dutch bucket dan media hydroton. Ada tiga perlakuan POC yang diuji yaitu 20 gram kirinyuh dan limbah cair tahu fermentasi 10 hari, 10 gram kirinyuh dan limbah cair tahu fermentasi 7 hari, 20 gram kirinyuh dan limbah cair tahu fermentasi 4 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pertumbuhan pakcoy, baik tinggi tanaman, jumlah daun maupun panjang daun dan lebar daun. Komposisi yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman pakcoy yaitu dengan menggunakan 10 gram daun kirinyuh fermentasi 7 hari. Kata kunci : POC, limbah cair tahu, daun kirinyuh, hidroponik, dutch bucket, hydroton, pakcoy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Wisnu, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: POC, limbah cair tahu, daun kirinyuh, hidroponik, dutch bucket, hydroton, pakcoy.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:47
Last Modified: 07 Aug 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum