PENGARUH APLIKASI ABU PELEPAH SALAK PONDOH (Salacca zalacca) DAN PUPUK HIJAU TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea) TERHADAP PERTUMBUHAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) PADA TANAH INCEPTISOL

Siti Saodah, NIM 13640036 (2019) PENGARUH APLIKASI ABU PELEPAH SALAK PONDOH (Salacca zalacca) DAN PUPUK HIJAU TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea) TERHADAP PERTUMBUHAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) PADA TANAH INCEPTISOL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH APLIKASI ABU PELEPAH SALAK PONDOH (Salacca zalacca) DAN PUPUK HIJAU TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea) TERHADAP PERTUMBUHAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) PADA TANAH INCEPTISOL)
13640036_BAB_I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH APLIKASI ABU PELEPAH SALAK PONDOH (Salacca zalacca) DAN PUPUK HIJAU TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea) TERHADAP PERTUMBUHAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) PADA TANAH INCEPTISOL)
13640036_BAB_II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh beberapa komposisi media yang terdiri dari tanah inceptisol, abu pelepah salak pondoh, dan pupuk hijau limbah tanaman kacang tanah terhadap pertumbuhan tanaman bayam dan kandungan hara tanah terutama unsur hara makro N, P, dan K tersedia, juga nilai pH tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial, terdiri dari 5 perlakuan, 10 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini menggunakan komposisi (persentase volume) media tanah : abu : pupuk 40:50:10 (perlakuan A); 40:40:20 (perlakuan B); 40:30:30 (perlakuan C); 40:20:40 (perlakuan D); 40:10:50 (perlakuan E) dan tanah inceptisol (kontrol, K). Hasil penelitian menunjukan bahwa komposisi media tanah inceptisol, abu pelepah salak pondoh dan pupuk hijau limbah tanaman kacang tanah berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat basah, dan berat kering tanaman akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan akar terpanjang. Komposisi media selain berpengaruh untuk meningkatkan ketersediaan unsur hara makro tanah terutama unsur P-tersedia dan K-tersedia, juga mampu menaikan pH tanah. Perlakuan D dengan komposisi tanah : abu : pupuk 40 : 20 : 40 merupakan komposisi perlakuan terbaik dalam penelitian ini. Kata kunci: abu pelepah salak, pupuk hijau kacang tanah, tanah inceptisol, Amaranthus tricolor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumailatus Solihah, S.Si, M.Biotech
Uncontrolled Keywords: abu pelepah salak, pupuk hijau kacang tanah, tanah inceptisol, Amaranthus tricolor
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Aug 2020 09:11
Last Modified: 10 Aug 2020 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum