ANALISIS BAKTERI COLIFORM SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN PERAIRAN PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PEDUKUHAN DI BANTUL

Mutia Zahrina Savitri, NIM 15640050 (2019) ANALISIS BAKTERI COLIFORM SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN PERAIRAN PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PEDUKUHAN DI BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BAKTERI COLIFORM SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN PERAIRAN PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PEDUKUHAN DI BANTUL)
15640050_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BAKTERI COLIFORM SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN PERAIRAN PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PEDUKUHAN DI BANTUL)
15640050_BAB_II_S_D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jumlah penduduk yang padat membuat jumlah limbah domestik semakin bertambah. Bakteri coliform merupakan salah satu bakteri patogen yang hidup di limbah domestik dan harus dikendalikan jumlahnya sesuai baku mutu. Untuk itu, pemerintah membuat IPAL komunal dan memberdayakan masyarakat sebagai pengelolanya sehingga dapat meneliti kualitas air limbah yang nantinya akan di buang ke lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahi kualitas air limbah melalui parameter fisikokimia dan biologi. Penelitian dilakukan melalui tahap-tahap: pengambilan sampel di tiga titik yaitu inlet outlet dan pipa sekunder sesuai metode SNI, pengukuran parameter yaitu suhu, pH, BOD, COD, TDS dan TSS menggunakan metode SNI serta coliform menggunakan metode MPN. Suhu air yang dihasilkan menunjukkan kisaran 23,8 - 24,17°C, pH antara 6,9 – 7,62, konsentrasi deterjen antara 0,224 – 3,47 mg/L dan ketiganya masih di bawah baku mutu menurut Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2006. Konsentrasi TDS, TSS, BOD dan COD melebihi baku mutu di bak inlet namun menurun pada bak outlet dan pipa sekunder. Jumlah coliform memiliki jumlah yang sama di ketiga titik dan semuanya melebihi baku mutu. Upaya pencapaian kualitas air limbah yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan memerlukan beberapa faktor yaitu kesadaran masyarakat dalam mengelola dan merawat IPAL serta kombinasi sistem IPAL dengan beberapa alternatif dalam sistem hibrid. Kata kunci : Limbah domestik, MPN, Parameter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Limbah domestik, MPN, Parameter
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2020 13:07
Last Modified: 11 Aug 2020 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum