KARAKTERISASI GENETIK KOPI ASAL TEMANGGUNG BERDASARKAN MARKA MOLEKULER SRAP (SEQUENCE-RELATED AMPLIFIED POLYMORPHISM)

FATIN MUNIROH SYAUKI, NIM 15640054 (2019) KARAKTERISASI GENETIK KOPI ASAL TEMANGGUNG BERDASARKAN MARKA MOLEKULER SRAP (SEQUENCE-RELATED AMPLIFIED POLYMORPHISM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISASI GENETIK KOPI ASAL TEMANGGUNG BERDASARKAN MARKA MOLEKULER SRAP (SEQUENCE-RELATED AMPLIFIED POLYMORPHISM))
15640054 BAB I S.D BAB TERAKHIR DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISASI GENETIK KOPI ASAL TEMANGGUNG BERDASARKAN MARKA MOLEKULER SRAP (SEQUENCE-RELATED AMPLIFIED POLYMORPHISM))
15640054 BAB II S.D SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kopi merupakan tanaman perkebunan dari famili Rubiaceae yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan menjadi komoditas penting yang menghasilkan sumber pendapatan nasional. Akan tetapi, capaian produktivitas kopi Temanggung masih sangat rendah, karena pemilihan bibit yang asal-asalan, bibit turunan yang sudah tidak produktif, serta serangan hama dan penyakit. Keragaman genetik kopi merupakan informasi penting sebagai data base untuk penelitian lebih lanjut mengenai pemuliaan tanaman dan konservasi kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil genetik aksesi kopi (Coffea sp) asal Temanggung dan mengetahui keragaman genetik kopi asal Temanggung berdasarkan marka molekuler SRAP (Sequence-Related Amplified Polymorphism). Sebanyak 19 aksesi kopi asal Temanggung yang diambil dari 7 kecamatan digunakan sebagai sampel dan diamplifikasi menggunakan 10 kombinasi primer SRAP. Parameter karakterisasi dan keragaman genetik dihitung dengan menggunakan software GenAlex. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanda molekuler SRAP merupakan teknik yang efektif dan efisien untuk karakterisasi genetik antar aksesi kopi (Coffea sp). Data yang diperoleh menunjukkan adanya variasi genetik antar aksesi kopi asal Temanggung serta menghasilkan alel spesifik pada setiap aksesi yang digunakan. Nilai keragaman genetik (He) yang diperoleh rendah yaitu berkisar antara 0,070 – 0,163 dengan rata-rata 0,107. Kata kunci : Karakterisasi genetik, keragaman genetik, kopi (Coffea sp), SRAP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumailatus Solihah, S. Si, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Karakterisasi genetik, keragaman genetik, kopi (Coffea sp), SRAP.
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2020 13:08
Last Modified: 11 Aug 2020 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum