PEMODELAN INISIASI DAN PERAMBATAN BALIK POTENSIAL AKSI PADA SEL MITRAL MENGGUNAKAN SIMULATOR NEURON DAN PYTHON

Aprilia Dewi Ardiyanti, NIM 16620014 (2019) PEMODELAN INISIASI DAN PERAMBATAN BALIK POTENSIAL AKSI PADA SEL MITRAL MENGGUNAKAN SIMULATOR NEURON DAN PYTHON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN INISIASI DAN PERAMBATAN BALIK POTENSIAL AKSI PADA SEL MITRAL MENGGUNAKAN SIMULATOR NEURON DAN PYTHON)
16620014_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN INISIASI DAN PERAMBATAN BALIK POTENSIAL AKSI PADA SEL MITRAL MENGGUNAKAN SIMULATOR NEURON DAN PYTHON)
16620014_BAB-II_Sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Neuron mengirim informasi dalam bentuk aktivitas elektrik yang disebut sebagai potensial aksi. Potensial aksi merambat ke soma dan seluruh bagian dari neuron. Terdapat fenomena berlawanan, yaitu mekanisme perambatan balik yang teramati pada neuron yang berada di otak. Kajian komputasi dari inisiasi dan perambatan potensial aksi ini pada sel mitral yang berada di bulbus olfaktorius. Bagian sel mitral tersebut diantaranya soma, dendrit primer, dendrit sekunder, tuft dendrit, akson hillok, akson inisial segmen, selubung myelin dan nodus ranvier. Aktivitas neuron terjadi karena adanya perubahan tegangan yang disebabkan oleh gerbang sodium dan gerbang potasium. Pemodelan ini menggunakan kombinasi Simulator NEURON dan Python. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiasi potensial aksi yang terjadi di soma memiliki amplitudo 40 mV dan perambatan potensial aksi tersebut berkurang ketika jaraknya menjauh dari soma. Plot grafik amplitudo dengan jarak menunjukkan bahwa amplitudo perambatan balik rata-ratanya sekitar 42,7 mV. Variasi amplitudo perambatan balik potensial aksi menunjukkan konstan. Hasil ini sesuai dengan eksperimen, dimana normalisasi amplitudo perambatan balik potensial aksi pada sel mitral terhadap jaraknya adalah konstan. KATA KUNCI : Inisiasi, Perambatan Balik, Python, Sel Mitral, Simulator NEURON

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Anis Yuniati, Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Inisiasi, Perambatan Balik, Python, Sel Mitral, Simulator NEURON
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:25
Last Modified: 19 Aug 2020 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum