PROSES PELAKSANAAN MANGUPA PERNIKAHAN DI DESA AEK NABARA TONGA, AEK NABARA BARUMUN, PADANG LAWAS, SUMATERA UTARA

Aulia Hafiz Attamimi Hasibuan, NIM: 13520020 (2019) PROSES PELAKSANAAN MANGUPA PERNIKAHAN DI DESA AEK NABARA TONGA, AEK NABARA BARUMUN, PADANG LAWAS, SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROSES PELAKSANAAN MANGUPA PERNIKAHAN DI DESA AEK NABARA TONGA, AEK NABARA BARUMUN, PADANG LAWAS, SUMATERA UTARA)
13520020_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES PELAKSANAAN MANGUPA PERNIKAHAN DI DESA AEK NABARA TONGA, AEK NABARA BARUMUN, PADANG LAWAS, SUMATERA UTARA)
13520020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

viii ABSTRAK Setiap suku mempunyai adat istiadat tersendiri yang berbeda namun adat istiadat tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mendidik masyarakatnya berbudi luhur, bersopan santun, kasih sayang dan berbuat baik terhadap sesama anggota masyarakatnya. Mangupa adalah upacara adat dalam kehidupan masyarakat Batak yang lahir dari penghayatan leluhur masyarakat Batak pada umumnya terhadap keberadaan zat yang ghaib, berkuasa, dan mengatur alam semesta termasuk kehidupan manusia agar keselamatan dan kesuksesan mudah untuk tercapai. Upacara mangupa diadakan pada acara pernikahan, anak yang baru lahir, sambutan kepada tamu besar, memasuki rumah baru, dan untuk orang yang baru terkena musibah. Penganalisaan data dengan menggunakan antropologi sebagai jalan masuk dalam tradisi mangupa. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Untuk tehnik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang di gunakan adalah tahap pengumpulan data, tahap mereduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi mangupa pada adat Batak Angkola merupakan suatu upacara adat yang dapat di yakini oleh masyarakat Batak Angkola dengan cara memohon berkah dari Allah SWT agar selalu terhindar dari marabahaya, baik itu berhasil dalam pendidikan, mendapatkan jabatan yang bagus, maupun pulang dari tanah suci. Bentuk teks mangupa di analisis dan di kelompokkan menjadi empat kelompok. Yakni: teks-teks mangupa dengan menyebut nama Allah, teks-teks mangupa dengan menyebutkan do’a, teks-teks mangupa untuk mencapai harapan yang baik, dan teks mangupa dengan nilai filosofisnya. Kearifan lokal mangupa yakni: kearifan holong mangalap, kearifan marsirippa, kearifan hubungan tu Tuhan namanjadihon, kearifan paulak roha, kearifan tu tano si jong-jongan, kearifan martutur poda, kearifan ingotingot, dan kearifan penghargaan gender. Kata kunci: Antropologi, Mangupa, Pernikahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Antropologi, Mangupa, Pernikahan
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:27
Last Modified: 19 Aug 2020 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum