WIRID DAN ETOS KERJA JAMA’AH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DESA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR

NELI ZULFA DIANA, NIM: 15540028 (2019) WIRID DAN ETOS KERJA JAMA’AH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DESA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (WIRID DAN ETOS KERJA JAMA’AH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DESA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR)
15540028_BAB I-BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (WIRID DAN ETOS KERJA JAMA’AH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DESA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR)
15540028_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tarekat dalam diskursus keilmuwan modern mendapat banyak sorotan dari sisi negatifnya. Tidak jarang tarekat disebut sebagai pihak yang memiliki andil besar pada kejumudan berpikir umat. Tarekat dianggap sebagai pihak yang membuat pelakunya mengalienasikan diri dari kehidupan sosial kemasyarakatan karena dianggap lebih mementingkan kehidupan ukhrawi ketimbang duniawi. Namun demikian para jama’ah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah tidak melakukan hal-hal yang meninggalkan urusan duniawi. Mereka mengerjakan amalan-amalan tarekat dan mengalami perubahan setelah mengerjakannya terutama wirid. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh wirid sebagai amalan utama dalam tarekat terhadap etos kerja jama’ah tarekat qadiriyah wa naqsyabandiyah di Desa Dermojayan dan juga rasionalitas wirid jama’ah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Desa Dermojayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan prosedur penelitian yang lebih luwes. Metode pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu : wawancara yaitu teknik paling pokok yang dilakukan dalam penelitian kualitatif, penulis mengajukan pertanyaan yang telah disusun sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian, observasi yaitu penulis melakukan pengamatan dan pencatatan dengan sistematis yang terakhir yaitu dokumentasi. Penulis menggunakan dokumen baik yang sudah ada berupa foto atau data tulisan yang diperlukan untuk penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan penemuan bahwa wirid memberikan pengaruh terhadap etos kerja jama’ah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Pengaruh yang timbul akibat wirid pada setiap jama’ah tarekat berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Diantaranya yaitu: kebiasaan bekerja yang jujur dan teratur, semangat bekerja yang tinggi, dan kedisiplinan dalam bekerja. Terdapat empat tipe ix rasionalitas wirid pada jama’ah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. pertama rasionalitas praktis jam’ah melakukan wirid karena yakin bahwa wirid merupakan upaya terbaik untuk mencapai tujuan yaitu mendekatkan diri pada tuhan dan juga untuk mendapat semangat dalam bekerja. kedua, rasionalitas teoritis jama’ah tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah di Desa Dermojayan memiliki pemahaman tentang wirid bahwa wirid bukan hanya sebagai sebuah bentuk ibadah. Ketiga, rasionalitas subtantif jama’ah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di desa Dermojayan, jama’ah tarekat menerapkan nilai nilai yang diajarkan yaitu berupa kejujuran. Keempat, rasionalitas formal para jama’ah tarekat qadiriyah wa naqsyabandiyah mentaati aturan yang diajarkan mursyid yaitu dengan selalu berusaha melakukan wirid diwaktu yang dianjurkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S. Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Wirid, Tarekat, Mursyid
Subjects: Islam dan Budaya
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 09:52
Last Modified: 02 Sep 2020 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum