PENYELESAIAN SENGKETA PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK (STUDI KASUS PERSELISIHAN KEPENGURUSAN PARTAI GOLKAR)

SA’DUL BAKRI, NIM. 12340108 (2019) PENYELESAIAN SENGKETA PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK (STUDI KASUS PERSELISIHAN KEPENGURUSAN PARTAI GOLKAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN SENGKETA PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK (STUDI KASUS PERSELISIHAN KEPENGURUSAN PARTAI GOLKAR))
12340108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN SENGKETA PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK (STUDI KASUS PERSELISIHAN KEPENGURUSAN PARTAI GOLKAR))
12340108_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat merupakan hak asasi manusia yang harus dilakukan untuk memperkuat dan memperkokoh tatanan bangsa sebagaimana telah dinyatakan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Wujud dari kebebasan berserikat salah satunya melalui pembentukan Partai Politik. Sejarah Partai Politik yang selalu diwarnai dengan beberapa konflik internal membuat terhambatnya peran penting didalam mengawal roda demokrasi. Sebagaimana Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik telah mengatur mekanisme penyelesaian sengketa yang ada di internal Partai pada Pasal 32 dan Pasal 33 yaitu sengketa diselesaikan oleh Mahkamah Partai atau sebutan lain yang dibentuk oleh Partai Politik. Kemudian tahapan selanjutnya adalah Pengadilan Negeri dan kasasi kepada Mahkamah Agung. Sebagaimana sengketa di internal Partai Golongan Karya (Golkar), mekanisme penyelesaiannya diatur oleh peraturan tesebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode analisis Yuridis Empiris dan berjenis kualitatif dengan cara mengkaji berbagai macam data primer dan sekunder termasuk Undang-Undang, wawancara dan observasi lapangan di Dewan Pimpinan daerah (DPD) Daerah Istimewa Yogyakarta Partai Golongan Karya (Golkar), guna memberikan data secara subjektif-objektif dalam menganalisa penyelesaian sengketa internal Partai Politik berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, khususnya pada penyelesaian sengketa internal Partai Golongan Karya (Golkar). Dari penelitian ini ditemukan bahwa penyelesaian sengketa internal Partai berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik terdapat pada Pasal 32 dan Pasal 33, dengan tahapan penyelesaian melalui Mahkamah Partai kemudian Pengadilan Negeri dan tahapan akhir kasasi kepada Mahkamah Agung. Penyelesaian sengketa internal Partai Golkar tidak membuahkan hasil pada tahapan internal melalui Mahkamah Partai. Adanya deadlock pada putusan Mahkamah Partai Golkar dan tidak menghasilkan putusan yang bersifat final dan mengikat serta hadirnya SK pengesahan organisasi dari Kemenkum HAM pada waktu proses sengketa masih berjalan membuat sengketa menempuh tahapan di Pengadilan Negeri. Namun adanya saling gugat dari masing-masing kubu, membuat proses penyelesaian sengketa makin berlarut. Pada akhirnya konflik ini dapat diselesaikan melalui jalur konsensus politik yang dilakukan oleh para elit Partai Golkar, dengan membuat keputusan bersama dan sepakat memberi ruang terhadap kader lainnya untuk maju pada gelaran Munaslub dalam menentukan Ketua Umum DPP Partai Golkar selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurainun Mangunsong, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Konflik Internal
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:11
Last Modified: 02 Sep 2020 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum