PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN

Kamalia Adhiastri, NIM. 15680015 (0019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
156810015_BAB-I_-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
156810015_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi pokok Sistem Gerak di SMA N 1 Banguntapan 2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi pokok Sistem Gerak di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Experimental dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas, yaitu XI MIPA 1 – XI MIPA 4. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling simple random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode mind mapping. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data motivasi berupa lembar angket dan hasil belajar siswa berupa lembar tes soal yaitu, lembar pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk data motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05; 2) terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: metode mind mapping, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:12
Last Modified: 02 Sep 2020 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum