PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUMPIUH

Rizka Triana, NIM. 15690003 (0019) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUMPIUH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUMPIUH)
15690003_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUMPIUH)
15690003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk siswa kelas X Semester Genap di SMAN 1 Sumpiuh, 2) mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk siswa kelas X Semester Genap di SMAN 1 Sumpiuh, 3) mengetahui respon siswa terhadap buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk siswa kelas X Semester Genap di SMAN 1 Sumpiuh, 4) mengetahui keterlaksanaan buku petunjuk praktikum fisika untuk siswa kelas X Semester Genap di SMAN 1 Sumpiuh. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D memiliki 4 langkah utama yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop, dibatasi sampai pada tahap uji luas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan produk. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Penilaian respon siswa menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar pengamatan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) untuk siswa kelas X semester genap di SMAN 1 Sumpiuh. 2) Kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) dengan skor rata-rata 3,07, ahli media dan guru fisika memberikan nilai Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,63 dan 3,80. 3) Respon siswa terhadap produk pada uji coba terbatas dan uji coba luas memiliki kategori Setuju (S) dengan skor rata-rata 0,98 dan 0,97. 4) Hasil keterlaksanaan produk buku petunjuk praktikum secara keseluruhan mampu melatih siswa melakukan penyelidikan secara mandiri namun pada tahap pengujian hipotesis siswa masih merasa sulit dalam perhitungan analisis data. Aspek-aspek lainnya secara keseluruhan telah diujikan dan terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Petunjuk Praktikum, Fisika, Guided Inquiry, SMAN 1 Sumpiuh
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:14
Last Modified: 02 Sep 2020 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum