PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL DI SMAN 1 BANGUNTAPAN

Mirta Nuziani, NIM. 15690006 (0019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL DI SMAN 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL DI SMAN 1 BANGUNTAPAN)
15690006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL DI SMAN 1 BANGUNTAPAN)
15690006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan buku panduan praktium fisika berbasis POE (predict, observe, explain), (2) Mengetahui kualitas buku panduan praktikum fisika berbasis POE dan (3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan terhadap buku panduan praktikum fisika berbasis POE. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan ini mengadaptasi model prosedural 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop yang dibatasi pada uji luas dan keterlaksanaan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala dan penilaian respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan buku panduan praktikum fisika berbasis POE menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa buku panduan praktikum fisika berbasis POE (predict, observe, explain) untuk peserta didik kelas X semester gasal di SMAN 1 Banguntapan. Kualitas buku panduan praktikum fisika berbasis POE yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli grafika, dan guru fisika adalah Sangat Baik (SB) dengan rerata skor masing-masing sebesar 3,74; 3,67; dan 3,69. Respon peserta didik pada uji terbatas dan uji luas adalah Setuju (S) dengan rerata skor 0,94 dan 0,99. Hasil uji keterlaksanaan buku panduan praktikum fisika berbasis POE berdasarkan pengamatan observer yaitu peserta didik masih kesulitan dalam membuat grafik pada praktikum GLB. Adapun indikator yang lain pada uji keterlaksanaan telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Praktikum Fisika, POE (Predict, Observe, Explain), Kelas X Semester Gasal
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:57
Last Modified: 04 Sep 2020 12:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum