PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA N 1 SEWON KELAS XI MATERI DINAMIKA ROTASI

Rohmah Riya Widyasari, NIM. 15690022 (0019) PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA N 1 SEWON KELAS XI MATERI DINAMIKA ROTASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA N 1 SEWON KELAS XI MATERI DINAMIKA ROTASI)
15690022_BAB I,V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA N 1 SEWON KELAS XI MATERI DINAMIKA ROTASI)
15690022_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada materi dinamika rotasi. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa pembelajaran blended learning serta variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Sewon tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan bentuk tes dengan instrumen tes yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametris, Normalized-Gain, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada materi dinamika rotasi. Blended learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dapat diakibatkan karena blended learning yang berlangsung tidak berjalan sempurna sesuai skenario pembelajaran yang telah dirancang. Treatment dikatakan berpengaruh apabila terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan penolakan H0 pada pengujian hipotesis menggunakan uji–U. Berdasarkan analisis uji–U data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,074 yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi  = 0,05 sehingga yang diberikan H0 diterima atau tidak terdapat pengaruh dari treatment blended learning. Rata–rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,38 dan kelas kontrol sebesar 0,33. N-gain kedua kelas berada pada klasifikasi sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,22 berada pada klasifikasi efek rendah sehingga perbedaan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: blended learning, hasil belajar fisika, dinamika rotasi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:28
Last Modified: 08 Sep 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum