PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA DAN BUMI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAMSAINS UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs

Sumartina Gama Akmal, NIM. 15690046 (0019) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA DAN BUMI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAMSAINS UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA DAN BUMI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAMSAINS UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs)
15690046_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA DAN BUMI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAMSAINS UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs)
15690046_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Ensiklopedia pokok bahasan tata surya dan Bumi berbasis Integrasi-Interkoneksi Islam-Sains, (2) Mengetahui kualitas Ensiklopedia pokok bahasan tata surya dan Bumi berbasis integrasi-interkoneksi Islam-sains (3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan terhadap Ensiklopedia pokok bahasan tata surya dan bumi berbasis integrasi-interkoneksi Islam-sains. Penelitian termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model prosedural 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Tahapan pada penelitian ini dilakukan sampai tahap develop yang dibatasi pada uji luas dan keterlaksanaan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala dan penilaian respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Ensiklopedia pokok bahasan tata surya dan Bumi berbasis integrasi-interkoneksi Islam-sains untuk peserta didik SMP/MTs. (2) Kualitas Ensiklopedia yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli bahasa dan grafika, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata berturut-turut 3,67; 3,64; 3,78, dan 3,54. (3) Respon peserta didik terhadap Ensiklopedia pada uji terbatas dan uji luas dihasilkan respon positif atau kategori Ya dengan rerata skor 0,92 dan 0,94. (4) Hasil uji keterlaksanaan Ensiklopedia yang dikembangkan berdasarkan pengamatan observer yaitu pada uji keterlaksanaan telah terlaksana dengan baik, meskipun terdapat beberapa peserta didik yang masih kebingungan dalam memahami pemaparan ayat dan penjelesan terkait materi integrasi-interkoneksi yang disajikan dalam Ensiklopedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia, Tata surya dan Bumi, Integrasi-Interkoneksi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:30
Last Modified: 08 Sep 2020 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum