PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN AIR SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA

Suemi, NIM. 14670003 (0019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN AIR SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Other (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN AIR SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA)
14670003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN AIR SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA)
14670003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

belum mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata karena model pembelajaran yang digunakan lebih menekankan tingkat hafalan materi tanpa diikuti pemahaman yang mendalam, yang dapat diterapkan ketika mereka berhadapan dengan kehidupan nyata. Pengetahun peserta didik akan materi pencemaran air sebagian besar terbatas pada teori hafalan dan latihan soal. Untuk itu diperlukan adanya inovasi media pembelajaran yang menambah wawasan peserta didik, salah satunya dengan melakukan pengembangan buku pengayaan. Buku pengayaan adalah buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan iptek, keterampilan, pengetahuan, dan membentuk kepribadian pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA, mengetahui kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Produk buku pengayaan ini ditinjau oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat pendidik SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penilaian kualitas produk berupa lembar skala lima yang berisi 5 aspek dan 21 kriteria tertentu. Instrumen respon peserta didik berupa lembar skala guttman yang berisi 5 aspek dan 13 kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis setiap aspeknya dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan presentase keidealan untuk menentukan kualitas buku pengayaan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai ailternatif sumber belajar peserta didik dari penilaian ahli materi mendapatkan kategori baik (B) dengan presentase keidealan 80%. Penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 86% dan penilaian pendidik SMA kategor sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 89,29% serta respon 10 peserta didik mendapatkan presentase keidealan 90,83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku pengayaan, pendekatan kontekstual, sumber belajar mandiri, pencemaran air
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:34
Last Modified: 10 Sep 2020 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum