Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Swasta di Yogyakarta

Indah Puspaningrum, NIM. 14670018 (0019) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Swasta di Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Swasta di Yogyakarta)
BAB I_BAB V_14670018_Indah Puspaningrum.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Swasta di Yogyakarta)
BAB II_BAB III_BAB IV_14670018_Indah Puspaningrum.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan beajar mengajar yang selama ini terlalu fokus pada aspek kognitif, sehingga mengakibatkan kurangnya upaya dalam memunculkan dan mengembangkan keterampilan proses sains siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inkuiri pada praktikum kimia siswa kelas XI IPA dan kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan praktikum kimia. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru kimia, siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4, dan laboran kimia. Objeknya adalah praktikum kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. xix Pengumpulan data keterampilan proses sains menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun data kendala-kendala pada pelaksanan praktikum dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan menggunakan deskriptif kualitatif untuk wawancara dan dokumen serta deskriptif kuantitatif untuk observasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada praktikum kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dikategorikan kurang dengan rerata presentase 53,68%. Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan praktikum meliputi: kesulitan menggunakan alat dan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: praktikum kimia, keterampilan proses sains, dan model pembelajaran inkuiri.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:35
Last Modified: 10 Sep 2020 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum