Konsep Praktikum Kimia SMA Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Untuk Sekolah Adiwiyata

Patma Pratiwi, NIM. 14670026 (0019) Konsep Praktikum Kimia SMA Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Untuk Sekolah Adiwiyata. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Konsep Praktikum Kimia SMA Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Untuk Sekolah Adiwiyata)
14670026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Konsep Praktikum Kimia SMA Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Untuk Sekolah Adiwiyata)
14670026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

untuk mewujudkan upaya pengelolaan lingkungan hidup dengan melibatkan seluruh komponen sekolah melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Pelaksanaan program Adiwiyata dikatakan berhasil apabila kurikulum berbasis lingkungan dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran kimia. Tujuan dalam penelitian adalah menganalisis implementasi praktikum kimia di sekolah adiwiyata dengan tinjauan aspek sumber daya manusia, sarana prasarana, dan manajemen. Kajian analisis implementasi praktikum kimia di sekolah adiwiyata dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan memilih SMAN 1 Banguntapan sebagai fokus subjek kajian. Implementasi praktikum kimia di sekolah adiwiyata dalam perspektif Sumber Daya Manusia dianalisis melalui serangkaian kegiatan studi dokumen kurikulum, wawancara dengan pendidik, serta pengamatan berupa observasi proses pembalajaran. Analisis implementasi praktikum kimia di SMAN 1 Banguntapan sebagai sekolah adiwiyata dalam tinjauan perspektif Sarana dan prasarana dianalisis berdasarkan data observasi dan wawancara terkait ketersediaan dan kelengkapan sarana-prasarana pembelajaran kimia di laboratorium. Kajian aspek Manajemen terkait imlementasi praktikum kimia di SMAN 1 Banguntapan dianalisis berdasarkan studi dokumen kebijakan sekolah. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan pendekatan model Miles dan Huberman, melalui serangkaian tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa dalam tinjauan aspek SDM, pendidik di SMAN 1 Banguntapan, telah memenuhi kualifikasi serta mampu menerapkan dan mengintegrasikan kurikulum berbasis lingkungan dalam materi pembelajaran. Peserta didik juga telah mampu mengaplikasikan pembelajaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Dari tinjauan aspek fasilitas, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kurikulum berbasis lingkungan di SMAN 1 Banguntapan tergolong lengkap dan tersedia dengan baik, namun pendididk belum memanfaatkan fasilitas tersebut secara optimal. Pembelajaran masih dominan dilaksanakan di kelas dan baru sebagian kecil dilaksanakan di laboratorium. Dalam kajian aspek manajemen, SMAN 1 Banguntapan sebagai salah satu unit percontohan sekolah adiwiyata telah membuat kebijakan sekolah untuk memanfaatkan potensi lingkungan sekitar sekolah sebagai salah satu sumber belajar peserta didik baik untuk pembelajaran reguler maupun pembelajaran tematik yang melibatkan peran orang tua maupun masyarakat. Namun demikian kebijakan sekolah tersebut terkendala oleh keterbatasan ide, konsep, dan tema pembelajaran seperti apa yang dapat diangkat dalam pembelajaran yang melibatkan elemen sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah. Berdasarkan analisis hasil observasi dan identifikasi potensi sumberdaya lingkungan sekolah, proses pembuatan herbisida berbahan dasar garam, potensial untuk dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik khususnya untuk kegiatan praktikum berbasis kearifan sumberdaya lokal dilingkungan sekolah. Implementasi konsep praktikum kimia berbasis kearifan sumberdaya lokal lingkungan sekolah memiliki beberapa kelebihan dibanding kegiatan praktikum reguler. Konsep praktikum kimia berbasis kearifan sumberdaya lokal lingkungan sekolah memiliki karakteristik sebagai sebuah konsep praktik pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dengan melibatkan peran sekolah, orang tua, dan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: program adiwiyata, praktikum kimia berbasis lingkungan, kearifan lokal
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:35
Last Modified: 10 Sep 2020 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum