PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT RAMAH DIFABEL RUNGU “VIP RUNGU”

Afni Pinastika Dewi, NIM. 15670045 (0019) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT RAMAH DIFABEL RUNGU “VIP RUNGU”. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT RAMAH DIFABEL RUNGU “VIP RUNGU”)
15670045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT RAMAH DIFABEL RUNGU “VIP RUNGU”)
15670045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Praktikum kimia merupakan rangkaian kegiatan yang dapat memungkinkan siswa untuk menerapkan berbagai keterampilan proses sains. Adanya praktikum dapat meningkatkan sikap ilmiah yang mendukung siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dalam dirinya. Praktikum yang dilakukan di sekolah inklusi diikuti oleh seluruh siswa termasuk siswa tunarungu. Tunarungu dapat diartikan sebagai seorang yang kekurangan atau kehilangan kemampuan dengar sehingga dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi lisannya. Keterbatasan komunikasi lisan, umumnya menjadi salah satu faktor kesulitan belajar bagi siswa difabel rungu. Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di sekolah tidak selalu diadakan praktikum dengan berbagai penyebab dan kebutuhan. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan media yang dapat memudahkan siswa difabel rungu dalam menerima materi praktikum kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang ramah difabel rungu. Kemudian dilakukan uji kualitas oleh pakar ahli dan direspon oleh pengguna terhadap produk “VIP RUNGU”. Pengembangan media dilakukan dengan pendekatan model 4-D yang meliputi tahap definisi, perancangan, dan pengembangan. Uji kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement menggunakan instrumen lembar angket penilaian kualitas ahli untuk mendapatkan skor kualitas. Analisis respon pengguna menggunakan instrumen lembar angket respon siswa untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap produk “VIP RUNGU”. Produk pada pengembangan ini berupa media “VIP RUNGU” dengan karakteristik ramah difabel rungu yang dilengkapi dengan bahasa isyarat, close caption, rangkuman materi, glosarium, serta mudah digunakan. Kualitas media yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan inklusi masuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Adapun respon pengguna terhadap media “VIP RUNGU” mendapatkan persentase keidealan sebesar 90% yang menunjukkan kepuasan responden terhadap media yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, S.Si, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video praktikum, larutan elektrolit dan nonelektrolit, difabel rungu.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:40
Last Modified: 10 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum