PERAN KEPEMIMPINAN KETUA UMUM KOMISARIAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS INSAN CITA ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DI LINGKUP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MULKHAN ANDREZA, NIM: 14490033 (2019) PERAN KEPEMIMPINAN KETUA UMUM KOMISARIAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS INSAN CITA ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DI LINGKUP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KETUA UMUM KOMISARIAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS INSAN CITA ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DI LINGKUP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14490033_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KETUA UMUM KOMISARIAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS INSAN CITA ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DI LINGKUP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14490033_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Mulkhan Andreza. “Peran Kepemimpinan Ketua Umum Komisariat Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia Guna Meninkatkan Kualitas Insan Cita Anggota Himpunan Mahasiswa Islam Di lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” Skripsi. Yogyakarta. Program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2019. Latar belakang dalam penelitian ini yakni menurunnya kuantitas anggota HMI diikuti menurunnya kualitas anggota HMI dalam proses perkaderan di HMI dan minimnya pengetahuan manajemen. Proses pembinaan dan pengembangan anggota kemudian juga mengalami penurunan, membuat anggota HMI kurang menghasilkan kegiatan yang lebih produktif dan inovatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menguraikan strategi manajemen sumber daya manusia di komisariat HMI lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mengetahui peranan kepemimpinan ketua umum di komisariat HMI lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mengelola sumber daya manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam peran serta strategi ketua umum dalam mengelola organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian diantaranya ketua umum, pengurus komisariat, dan anggota HMI komisariat Adab, FEBI, Saintek, dan Tarbiyah. Teknik validasi yang digunakan yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisa data dengan teknik deskriptif analitik dengan langkah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Strategi manajemen sumber daya manusia dengan menggunakan teori seven habits di komisariat HMI lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belum efektif dan peranan kepemimpinan ketua umum di komisariat HMI lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mengelola sumber daya manusia belum dijalankan dengan optimal. (2) Identifikasi dan peran ketua umum Komisariat HMI di lingkup UIN Sunan Kalijaga dalam menghidupkan kualitas insan cita belum berlaku secara maksimal. Secara deskriptif ketua umum komisariat HMI lingkup UIN Sunan kalijaga dapat dikatakan mampu menggerakkan anggota dan pengurus untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan aplikatif dalam masyarakat meskipun hanya pada ruang-ruang kecil saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:42
Last Modified: 14 Sep 2020 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum