TAFSIR EKOLOGI: Telaah Atas Penafsiran Yusuf al-Qarad}a>wi Dalam Kitab Ri’a@yah al-Bi@’ah fi@ Syari@’ah al-Isla>m

Alif Jabal Kurdi, NIM. 16531001 (2019) TAFSIR EKOLOGI: Telaah Atas Penafsiran Yusuf al-Qarad}a>wi Dalam Kitab Ri’a@yah al-Bi@’ah fi@ Syari@’ah al-Isla>m. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TAFSIR EKOLOGI: Telaah Atas Penafsiran Yusuf al-Qarad}a>wi Dalam Kitab Ri’a@yah al-Bi@’ah fi@ Syari@’ah al-Isla>m)
16531001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAFSIR EKOLOGI: Telaah Atas Penafsiran Yusuf al-Qarad}a>wi Dalam Kitab Ri’a@yah al-Bi@’ah fi@ Syari@’ah al-Isla>m)
16531001_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kajian Tafsir Ekologi merupakan variasi kajian tafsir yang mencoba menggali nilai-nilai atau spirit-spirit ekologis dalam Al-Qur‘an. Tujuan besar yang ingin dicapai dalam kajian ini adalah merubah paradigma manusia khususnya umat Islam dalam memandang alam dan berinteraksi dengannya (paradigm shifts). Adapun yang melatarbelakangi lahirnya kajian ini ialah problematika krisis ekologis (environmental crisis) yang dihadapi oleh manusia di masa kini yang disebabkan oleh tindakan eksploitatif-destruktif manusia terhadap alam serta adanya hipotesis bahwa pemahaman agama turut andil dalam membentuk perilaku manusia yang demikian itu. Sebagai kajian baru, tafsir ekologi perlu untuk dilihat lebih dalam khususnya yang berkaitan dengan konstruksi metodologisnya. Sebab dalam penafsiran-penafsiran yang telah ada sebelumnya belum banyak ditemukan kecendrungan penafsiran yang beorientasi pada kepentingan ekologis. Hal ini menyebabkan adanya hipotesis bahwa dalam konstruksi metodologisnya, seorang penafsir yang mengusung corak tafsir ekologi akan mengutamakan subjektivitasnya. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti melakukan kajian yang berupaya menganalisis konstruksi metodologis salah satu penafsir yang telah mengusung corak tafsir ekologi dan kemudian meletakkan metode penafsirannya dalam peta tipologi hermeneutika. Yusuf al- Qarad{a>wi melalui karyanya Ri‘a>yah al-Bi’ah fi Syari@‘ah al-Isla>m menjadi objek material yang peneliti pilih. Cara kerja metode strukturalisme genentik menjadi pisau yang digunakan untuk membongkar konstruksi metodologi tafsir ekologi Qarad{a>wi. Setelah melakukan analisa, didapati bahwa konstruksi metodologi tafsir ekologi Qarad{a>wi memiliki kesamaan dengan cara kerja metode hermeneutika Hans Georg Gadamer. Similaritas antara cara kerja metode tafsir ekologi Qarad{a>wi dan metode hermeneutika Gadamer memberikan landasan yang kuat bagi peneliti untuk mengklasifikasi metode tafsir ekologi Qarad{a>wi dalam tipologi aliran hermeneutika moderat (objektivis cum subjektivis/ objektivis progresif) dalam peta aliran hermeneutika yang disusun oleh Sahiron Syamsuddin dan aliran kontekstualis dalam peta tipologi yang dirumuskan Abdullah Saeed, meskipun dengan catatan bahwa kecendrungan subjektivistasnya lebih dominan. Adapun jika dilihat dari sisi kontribusinya, maka metodologi yang digunakan oleh Qarad}a>wi merupakan salah satu metodologi yang solutif untuk menghasilkan paradigma tafsir yang das solen sehingga mampu merubah mindset umat Islam beserta prilakunya. Sebab konstruksi metodologis yang digunakan oleh Qarad}a>wi khususnya terhadap ayat-ayat ekologi dapat menghilangkan pandangan antroposentris yang salah terhadap alam sekaligus memberikan tawaran paradigma yang moderat dalam bermuamalah dengan alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M. A.,
Uncontrolled Keywords: Tafsir Ekologi, Yusuf al-Qarad{a>wi, Ri‘a>yah al-Bi’ah fi Syari@‘ah al- Isla>m, Konstruksi Metodologis
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:44
Last Modified: 14 Sep 2020 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum