KONSTRUKSI PEMAHAMAN ISLAM DALAM TEKS-TEKS TAMBAHAN TERJEMAH AL-QUR’AN (Kajian terhadap Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita)

Muhammad Imdad Ilhami Khalil, NIM. 15531019 (2019) KONSTRUKSI PEMAHAMAN ISLAM DALAM TEKS-TEKS TAMBAHAN TERJEMAH AL-QUR’AN (Kajian terhadap Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMAHAMAN ISLAM DALAM TEKS-TEKS TAMBAHAN TERJEMAH AL-QUR’AN (Kajian terhadap Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita))
15531018-bab I, IV dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMAHAMAN ISLAM DALAM TEKS-TEKS TAMBAHAN TERJEMAH AL-QUR’AN (Kajian terhadap Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita))
15531019-BAB II dan III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Semenjak tahun 2000-an M hingga sekarang, terjemah al-Qur’an mulai diimprovisasi dan diinovasi sedemikian rupaoleh penerbit. Improvisasi dan inovasi yang dilakukan ini merupakan sebuah konsekuensi komodifikasi terjemah al-Qur’an yang bermula ketika terjemah al-Qur’an mulai menjamah ranah penerbit professional. Upaya improvisasi dan inovasi ini juga merupakan sebuah konsekuensi dengan diterbitkannya terjemah resmi pemerintah yakni al-Qur’an dan Terjemahnya yang memiliki sisi otoritas yang lebih tinggi daripada terjemah al-Qur’an yang diterbitkan oleh penerbit pada umumnya. Selain itu, berdirinya Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an dengan salah satu tugasnya untuk men-tashih dan mengoreksi mushaf al-Qur’an termasuk terjemah al-Qur’an yang beredar di masyarakat, memaksa penerbit untuk mencari celah lain dalam melakukan improvisasi dan inovasi tersebut.Pada perkembangan selanjutnya, wanita menjadi ceruk konsumen yang dipandang oleh penerbit sebagai sebuah sasaran yang tepat—seiring dengan berkembangnya pasar Islami wanita—untuk meraih orientasi profit atau bisnis mereka. Hal ini lah yang lalu memunculkan sebuah terjemah al-Qur’an jenis baru yang termasuk dalam improvisasi serta inovasi dari penerbit, yakni Terjemah al-Qur’an Wanita (TQW), yang salah satunya adalah objek material penelitian ini yaitu Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita. Dengan fakta bahwa Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an hanya mengoreksi teks al-Qur’an dan terjemahnya saja, besar kemungkinan bahwa penerbit (publisher), termasuk penerbit dari terjemah al-Qur’an yang diteliti, menjadikan improvisasi dan inovasi di atas sebagai ajang penyisipan ideologi tertentu.Skripsi ini bertujuan untuk mengabstraksikan improvisasi dan inovasi yang didapati dalam Aliyah: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita. Di samping itu, skripsi ini juga bertujuan untuk mengungkap konstruksi pemahaman Islam yang dibangun dalam terjemah al-Qur’an tersebut. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam skirpsi ini adalah metode library research (penelitian kepustakaan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa improvisasi dan inovasi yang didapati dari terjemah al-Qur’an tersebut mencakup dua bagian, yakni: tampilan fisik (Physical Appearance) dan komponen atau teks-teks tambahan (additional component or text). Sedangkan pemahaman Islam yang dibangun dalam terjemah al-Qur’an ini adalah pemahaman Islam yang konservatif-fundamentalis. Hal ini dikuatkan dengan ditemukannya hadis-hadis patriarkis dan misoginis dalam teks-teks tambahan terjemah al-Qur’an tersebut. Selain itu, teks-teks tambahan dalam terjemah al-Qur’an ini juga disandarkan pada hadis-hadis nabi serta pendapat ulama salaf atau klasik tanpa adanya upaya untuk mengkontekstualisasikan dan mereinterpretasikan hadis maupun pendapat tersebut, sehingga hal ini mengindikasikan bahwa pembacaan teks oleh penerbit dilakukan secara literal atau tekstual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aida Hidayah, S.Th.I., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Terjemah, dan Tafsir Mushaf Wanita
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:46
Last Modified: 14 Sep 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum