PENAFSIRAN M. IZZAH DARWAZAH DALAM KITAB AL-TAFSI<R AL-H{ADI<S| TENTANG AYATAYAT KEKUFURAN YAHUDI DAN NASRANI

Khoirum Majid, NIM. 15530030 (2019) PENAFSIRAN M. IZZAH DARWAZAH DALAM KITAB AL-TAFSI<R AL-H{ADI<S| TENTANG AYATAYAT KEKUFURAN YAHUDI DAN NASRANI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN M. IZZAH DARWAZAH DALAM KITAB AL-TAFSI<R AL-H{ADI<S| TENTANG AYATAYAT KEKUFURAN YAHUDI DAN NASRANI)
15530030_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN M. IZZAH DARWAZAH DALAM KITAB AL-TAFSI<R AL-H{ADI<S| TENTANG AYATAYAT KEKUFURAN YAHUDI DAN NASRANI)
15530030_BAB-II_S.D_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tema sentral dalam Al-Qur‟an yang tidak pernah habis untuk dikaji adalah menyangkut komunitas Yahudi dan Nasrani. Al- Qur‟an di satu sisi memberikan sikap positif, namun di sisi lain memberikan kritik kepada mereka. Dalam satu kesempatan Al-Qur‟an menginformasikan bahwa terdapat sebagian Yahudi dan Nasrani yang mempelajari ajaranajaran Allah جل جلاله di waktu malam dan beribadah kepada-Nya (QS. Ali Imran [3]: 113-114), dan pada kesempatan lain Al-Qur‟an secara eksplisit memberikan predikat kafir (QS. Al-Bayyinah [98]: 1). Perbedaan sikap tersebut ditengarai oleh situasi yang mengitari proses turunnya Al- Qur‟an sehingga memunculkan respon yang berbeda. Sebab kajian tentang Yahudi dan Nasrani memiliki dampak yang besar, maka penelitian mengenai kekufuran dua komunitas itu menjadi sangat perlu dibahas. Penelitian ini fokus pada kitab al-Tafsi<r al-H{adi<s\ karya Muhammad Izzah Darwazah yang disusun berdasarkan tarti<b nuzu>li . Pemilihan ini dilatar belakangi oleh keseriusan Darwazah mengeksplorasi relasi antara Al- Qur‟an dengan realitas kehidupan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Penelitian ini hendak menjawab pertanyaan bagaimana konsep kekufuran Yahudi dan Nasrani menurut Izzah Darwazah dalam al-Tafsi<r al-H{adi<s\? Bagaimana bentu-bentuk kekufuran Yahudi dan Nasrani? Serta apa implikasi kekufuran mereka secara sosial-religius? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. xvii Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, komunitas Yahudi dan Nasrani yang hidup di era Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan sesudahnya berkeharusan untuk mengimani Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم , sebab jika tidak beriman kepadanya mereka dianggap sebagai kafir. Penulis menghimpun lima bentuk kekufuran yang dilakukan oleh Komunitas Kitab yaitu: (1) pengingkaran pada kenabian Muhammad yang dalam perjalanan dakwah Nabi Saw. melatarbelakangi Komunitas Kitab, terutama Yahudi, melakukan berbagai intrik dan preksekusi; (2) pengingkaran kepada ayat-ayat Allah جل جلاله baik itu Taurat dan Injil maupun Al- Qur‟an sekalipun mereka mengetahui kebenarannya; (3) kekufuran akibat melakukan penyimpangan terhadap kitab suci, seperti interpretasi sesat terhadap ayat Al-Qur‟an serta melakukan penyimpangan bacaan, tulisan dan tafsir terhadap Taurat dan Injil; (4) kekufuran komunitas Nasrani akibat melakukan kuantifikasi terhadap Allah جل جلاله dalam doktrin trinitas; dan (5) kepercayaan komunitas Yahudi bahwa Uzair adalah anak Allah جل جلاله dan kepercayaan komunitas Nasrani bahwa Isa al- Masih adalah anak Allah جل جلاله. Implikasi kekufuran mereka adalah terputusnya rantai millah Ibrahim dan akan dilaknat oleh Allah جل جلاله baik di dunia maupun di akhirat. Meski demikian, umat muslim dilarang merendahkan Komunitas Kitab, bahkan Islam mengajarkan utuk tetap bergaul dengan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mahfudz Masduki, M. A.
Uncontrolled Keywords: Kufur, Yahudi, Nasrani, M. Izzah, Darwazah
Subjects: Agama Dan Filsafat
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:30
Last Modified: 16 Sep 2020 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum