BUKU FASIH BERBAHASA ARAB 2 UNTUK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013

ANGGA ALI HIDAYAT, NIM. 12420114 (2019) BUKU FASIH BERBAHASA ARAB 2 UNTUK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BUKU FASIH BERBAHASA ARAB 2 UNTUK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013)
12420114_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BUKU FASIH BERBAHASA ARAB 2 UNTUK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013)
12420114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Secara umum keberhasilan proses pembelajaran bahasa Arab ditentukan oleh beberapa variabel. Variabel-variabel yang dimaksud diantaranya adalah guru, siswa, sarana prasarana, kurikulum, metode, media, dan lain-lain. Variabelvariabel ini akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain. Salah satu variabel yang berperan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu buku teks yang merupakan media konvensional yang di dalamnya mengandung materi yang disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca untuk memahai materi yang ada di dalamnya. Buku teks memang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan belajar dan dunia pendidikan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar Fasih berbahasa arab 2 untuk Madrasah Tsanawiyah sesuai dengan standar BSNP serta penguasaan siswa Mts Nu salah terhadap pembelajran bahasa Arab dengan menggunakan buku teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengambilan datanya berdasarkan riset kepustakaan adapun data sekolah adalah data pendukung. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa buku teks fasih berbahasa arab 2 untuk Madrasah Tsanawiyah kurikulum 2013 ini sudah memenuhui standar BSNP. Namun ada beberapa poin yang bisa mempengaruhi kelayakan standar buku sebagai bahan ajar. Namun dari semua aspek yang mempengaruhi kelayakan semuanya mempengaruhi terhadap tingkat kesulitan dan minat belajar siswa. Seperti adanya materi yang masih tidak berkesinambungan antara bab dan subbabnya, belum adanya transliterasi pada buku, yang mana hal ini seharusnya ada pada buku yang mengajarkan bahasa kedua (bukan bahasa ibu). Tidak dilengkapi dengan CD untuk maharoh kalam, hanya mengandalkan suara dari guru. Dan yang paling penting, menurut penulis, perlu adanya perbaikan pada kegrafikan yang mana penulis buku harus bisa memberikan daya tarik yang bagus supaya siswa tertarik dan tidak bosan saat mengikuti pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Teks, Buku Teks Fasih Berbahasa Arab 2, Penguasaan Bahasa Arab Siswa MTs Nu Salam
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Feb 2020 09:00
Last Modified: 19 Feb 2020 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum