OPTIMALISASI PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA)

Minarur Rohman, NIM. 15410001 (2019) OPTIMALISASI PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA))
15410001_BAB-I_IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA))
15410001_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MINARUR ROHMAN. Optimlisasi Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Agama Islam (Studi di Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta), Skripsi. Yogyakarta. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakng penelitian ini adalah menurunnya peran masjid di masyarakat sebagai pusat pendidikan agama Islam. Jika dilihat dari realita kehidupan masyarakat maka pendidikan agama Islam saat ini kurang begitu terperhatikan. Sekarang ini pendidikan agama Islam lebih terfokus terhadap pendidikan agama Islam pada usia anak-anak. Tentunya melalui masjid pendidikan agama Islam untuk usia dewasa dapat dijalankan dan dioptimalkan. Dalam hal ini diperlukan optimalisasi peran masjid sebagai pusat pendidikan agama Islam untuk mengembalikan nilai masjid seperti pada masa Rosululloh, meskipun tidak sepenuhnya sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan bentuk optimalisasi peran masjid yang dilaksanakan di Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, kemudian dipaparkan secara deskriptif.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Jendral Sudirman telah terbukti optimal dalam menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan agama Islam. Dalam aspek „idārah, Masjid Jendral Sudirman menggunakan sistem kekeluargaan. Aspek „imārah, Masjid Jendral Sudirman mengadakan kegiatan yang belum dilaksanakan di masjid lainnya dengan berlandaskan aspek intelektual, spiritual dan dan budaya, seperti ngaji filsafat, ngaji al-Ḥikam, ngaji Rubāiyāt. Sedangkan aspek Ri‟āyah, Masjid Jendral Sudirman bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menjaga dan merawat lingkungan masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Saidah, S. Pd, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Peran Masjid, Pendidikan Agama Islam, Masjid Jendral Sudirman.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Masjid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:47
Last Modified: 16 Sep 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum