INTERNALISASI NILAI – NILAI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MICRO TRAINING (MT) DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

SHERFINA INDAH APRILIA, NIM. 15410005 (2019) INTERNALISASI NILAI – NILAI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MICRO TRAINING (MT) DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI – NILAI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MICRO TRAINING (MT) DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
15410005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI – NILAI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MICRO TRAINING (MT) DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
15410005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SHERFINA INDAH APRILIA. Internalisasi Nilai – Nilai dalam Pendidikan dan Pelatihan Anggota Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Micro Training (MT) di Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini ialah kurang maksimalnya internalisasi nilai – nilai dalam pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT) di Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Nilai – nilai tersebut sebagai dasar untuk membentuk karakter bagi setiap anggota agar dapat mencerminkan sesuai dengan nilai – nilai yang ada. Tujuan dari penelitian adalah : (1) Mengetahui nilai – nilai yang terkandung dalam internalisasi nilai – nilai pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT). (2) Mengetahui cara internalisasi nilai – nilai pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT). (3) Mengetahui hasil dari internalisasi nilai – nilai pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT). Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam kegiatan Micro Training (MT). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ialah seorang Direktur, Manajer HRD, Staff HRD , Staff Destra, Alumni, dan Anggota Aktif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan mengambil dokumentasi. Triangulasi yang dilakukan ialah menggunakan triangulasi teori. Analisis data dilakukan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) nilai – nilai yang terkandung dalam internalisasi nilai – nilai pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT) ini terdiri dari nilai kepemimpinan, nilai kekeluargaan, dan nilai religiusitas. Penerapan nilai – nilai tersebut masih terbanyak banyak kekurangan dan kendala dalam segi penerapannya. (2) cara internalisasi nilai – nilai melalui pendidikan dan pelatihan anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT) tersebut dilalui dengan berbagai macam tahapan yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pada tahap penilaian atau evaluasi. (3) hasil dari internalisasi nilai – nilai pendidikan dan pelatiha anggota melalui pendidikan karakter berbasis kelas Micro Training (MT) secara keseluruhan telah dapat menginternalisasi nilai – nilai yang ada, seperti nilai religiusitas, nilai kepemimpinan, dan nilai kekeluargaannya, akan tetapi belum dapat berjalan secara efektif dan menyeluruh terhadap setiap anggota untuk dapat merasakan dan menginternalisasi ketiga nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai, Pendidikan dan Pelatihan Anggota, Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, Micro Training (MT).
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Seminar dan Pelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:47
Last Modified: 16 Sep 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum