HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA

FARIDA RAHMAWATI, NIM. 15410008 (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15410008_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15410008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FARIDA RAHMAWATI. Hubungan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Motivasi Belajar PAI Siswa kelas XI IPS SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa idelanya anak memiliki motivasi belajar PAI yang tinggi apalagi didukung lingkungan belajar dan kemandirian belajar yang diterapkan di sekolah. Namun, kenyataannya, banyak anak yang membolos ketika jam pelajaran PAI sedang berlangsung dan beberapa diantaranya tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru PAI. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang hubungan lingkungan belajar dan kemandirian belajajar dengan motivasi belajar PAI. Yang menjadi permasalahan Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menguji secara empiris Hubungan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar PAI, untuk menguji secara empiris Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Motivasi Belajar PAI, untuk menguji secara empiris Hubungan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Motivasi Belajar PAI pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: mengungkap ada tidaknya Hubungan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Motivasi Belajar PAI pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta 2018/2019 sejumlah 34 siswa. Pengumpulan Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Sains Wahid Hasyim sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif antara Lingkungan belajar dengan Motivasi Belajar PAI siswa Kelas XI IPS SMA Sains Wahid Hasyim dengan koefisien korelasi sebesar 0,468 dan p = 0,003 (p < 0,01). (2) Ada hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Motivasi Belajar bagi siswa Kelas XI IPS di SMA Sains Wahid Hasyim dengan koefisien korelasi sebesar sebesar 0,417 dan p= 0,007 (p < 0,01). (3) Ada hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama dengan Motivasi Belajar bagi siswa Kelas XI IPS di SMA Sains Wahid Hasyim dengan nilai R sebesar 0,528 dan nilai Sig. F Change sebesar 0,006 (F < 0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar PAI, Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:47
Last Modified: 16 Sep 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum