ANALISIS YURIDIS DAN MAQĀṢID ASY-SYARĪ'AH TERHADAP KONFLIK PERTANAHAN ANTARA WARGA DENGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DI KECAMATAN SAMBIREJO, KABUPATEN SRAGEN, JAWA TENGAH

DANANG KURNIA AWAMI, 14380022 (2019) ANALISIS YURIDIS DAN MAQĀṢID ASY-SYARĪ'AH TERHADAP KONFLIK PERTANAHAN ANTARA WARGA DENGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DI KECAMATAN SAMBIREJO, KABUPATEN SRAGEN, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS YURIDIS DAN MAQĀṢID ASY-SYARĪ'AH TERHADAP KONFLIK PERTANAHAN ANTARA WARGA DENGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DI KECAMATAN SAMBIREJO, KABUPATEN SRAGEN, JAWA TENGAH)
14380022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS YURIDIS DAN MAQĀṢID ASY-SYARĪ'AH TERHADAP KONFLIK PERTANAHAN ANTARA WARGA DENGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DI KECAMATAN SAMBIREJO, KABUPATEN SRAGEN, JAWA TENGAH)
14380022_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Konflik lahan antara PTPN IX dan Masyarakat terjadi di Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Kedua belah pihak saling mengklaim kepemilikan hak atas tanah sehingga menimbulkan konflik lahan. Pihak PTPN IX mengklaim bahwa PTPN IX berhak terhadap tanah tersebut dikarenakan memiliki HGU. Di sisi lain, masyarakat mempermasalahkan status HGU tersebut dikarenakan adanya penyelewengan dalam prosedur kepemilikan hak tersebut. Konflik yang tidak kunjung selesai menjadi bahan menarik untuk menjadi penelitian. Berdasarkan hal itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah pemberian HGU terhadap PTPN IX sesuai dengan prosedur peraturan perundang-undangan di Indonesia? (2) bagaimana pandangan maqashid syariah dalam konflik kepemilikan hak atas tanah di kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen? Permasalahan dalam penelitian ini dikaji dengan metode penelitian hukum yuridis sosiologis berbasis pada hukum normatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Seluruh hasil penelitian dianilisis dengan menggunakan sudut pandang Negara Hukum, Negara Kesejahteraan, Peraturan tentang Agraria, dan Maqashid Syari’ah. Analisis ini dilakukan untuk memberikan preskripsi atau penilaian terhadap fakta atau peristiwa hukum dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik pertanahan di Sambirejo, Sragen yang tidak kunjung selesai sampai saat ini disebabkan adanya kecacatan di setiap prosedur dalam konflik tersebut. Hal tersebut menunjukkan ada persoalan yang tidak tuntas di Negara Indonesia sebagai Negara Hukum dalam menyelesaikan konflik pertanahan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam UUPA. Sedangkan, maqashid mempertimbangkan aspek-aspek kepentingan petani di Kecamatan Sambirejo untuk menjawab permasalahan dalam konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ISWANTORO, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: negara hukum, hak atas tanah, maqashid syariah
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:48
Last Modified: 16 Sep 2020 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum