EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHĀRAT Al-KALĀM) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Maulana Akbar, NIM. 14420005 (2019) EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHĀRAT Al-KALĀM) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHĀRAT Al-KALĀM) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHĀRAT Al-KALĀM) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode fonetik. (2) Mengetahui pengaruh metode fonetik dalam meningkatkan kemampuan berbicara (Mahārat al-kalām) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes secara lisan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan metode fonetik merupakan cara menyajikan pelajaran bahasa Arab melalui latihanlatihan mendengarkan kemudian diikuti dengan latihanlatihan mengucapkan bunyi huruf lebih dahulu, setelah itu kata-kata pendek dan akhirnya kalimat yang lebih panjang. (2) Ada perbedaan (t = 7,168 dengan nilai Sig. < 0,01). Artinya kelas eksperimen memiliki perubahan kemampuan berbicara yang signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest mahārat alkalām terdapat peningkatan nilai rata-rata 28,174 yaitu dari nilai rata-rata kemampuan awal sebesar 53,533 meningat menjadi 81,707. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode fonetik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara (mahārat al-kalām) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nasiruddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Fonetik, Mahārat Al-kalām
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Feb 2020 14:05
Last Modified: 19 Feb 2020 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum