NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RIFDAN AZKA MUHAMMAD, 15410150 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410150_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410150_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rifdan Azka Muhammad, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Metode Dakwah Sunan Kalijaga dan Relevansinya dengan Kompetensi Pedagogik Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam memiliki tanggungjawab yang besar, tidak hanya mendidik siswanya agar mengerti dan memahami ajaran-ajaran Islam dengan baik, tetapi juga mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Karena pendidikan agama Islam memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan pelajaran lain. Pendidikan Agama Islam tidak hanya berdampak pada kehidupan di dunia, akan tetapi juga kehidupan di akhirat kelak nanti. Guru PAI harus memiliki kompetensi yang memadai agar output yang dihasilkan dapat maksimal, sebagaimana yang termaktub di dalam Permenag RI Nomor 16 Tahun 2010. Kompetensi pedagogik sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru PAI. Seperti halnya metode dakwah Sunan Kalijaga, seorang guru juga memerlukan strategi dalam melakukan pendekatan terhadap peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai PAI dalam metode dakwah Sunan Kalijaga dan relevansinya dengan kompetensi pedagogik guru PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, mencari data atau variabel yang berupa buku, jurnal, dan sebagainya, sedangkan analisis yang digunakan adalah dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini adalah: pertama, nilai-nilai PAI yang terkandung di dalam metode dakwah Sunan Kalijaga 1) Melalui Seni dan budaya: nilai pendidikan akhlak; iman kepada Allah SWT, Iman kepada Nabi dan Rasul, nilai pendidikan ibadah; mengingatkan untuk tidak menunda waktu sembahyang, żikir kepada Allah, nilai pendidikan akhlak; membentuk budi pekerti, 2) Nilai Menyusupi tradisi dengan nilai-nilai Islam: Nilai Pendidikan Ibadah; berusaha dan berdoa, mengubah tradisi membakar kemenyan, nilai pendidikan akhlak (3) Berdebat dengan cara yang baik: nilai pendidikan akhlak 4) Membentuk kader dan juru dakwah: nilai pendidikan akhlak: sikap pemimpin yang ideal, taat dan hormat kepada guru. Kedua, nilai-nilai PAI dalam metode dakwah Sunan Kalijaga relevan dengan kompetensi pedagogik gutu PAI yaitu kemampuan dalam mengelola peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, penguasaan teori dan prinsip, pengembangan kurikulum, kegiatan pengembangan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi yang efektif, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuli Kuswandari, S.Pd, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Metode Dakwah Sunan Kalijaga, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:53
Last Modified: 18 Sep 2020 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum