PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI FIKIH WANITA DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL

IDAMATUL KHUSNA, 15410168 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI FIKIH WANITA DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI FIKIH WANITA DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL)
15410168_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI FIKIH WANITA DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL)
15410168_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IDAMATUL KHUSNA. Problematika Pembelajaran Fikih Materi Fikih Wanita di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingya materi pelajaran Fikih yang pembelajarannya tidak hanya sebatas pada pengetahuan dan pemahaman saja. Melainkan dituntut untuk dapat mempraktikkan materi yang sudah dipelajarinya ke dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam materi Fikih wanita yaitu bab haid, shalat, dan aurat (pakaian). Sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menerima materi tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu tidak terlepas dari komponen sebuah pembelajaran. Akan tetapi, pada kenyataannya komponen tersebut masih jauh dari kata maksimal. Salah satunya di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Sekolah yang sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai satu-satunya lembaga pendidikan berbasis ilmu keislaman di kecamatan Piyungan. Dalam proses pembelajaran Fikih, terutama Fikih wanita, terdapat perbedaan penguasaan materi antara siswi yang sudah mengalami haid dan yang belum. Hal tersebut menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Bagaimana proses pembelajaran Fikih di MI Sananul Ula, kemudian mengungkap problematika yang terjadi serta solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Fikih di MI Sananul Ula menggunakan kurikulum 2013. Pembelajaran dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, inti, dan penutup. 2) Terdapat perbedaan penguasaan materi Fikih Wanita antara siswi yang sudah mengalami haid dan yang belum. 3) Dalam proses pembelajaran, ditemukan problematika, di antaranya yaitu: metode pembelajaran cenderung menggunakan ceramah, penguasaan kelas belum maksimal, waktu pembelajaran yang tidak mencukupi. 4) Solusi untuk mengatasi problematika tersebut, antara lain: metode pembelajaran harus bervariasi, guru harus bisa menguasai kelas, memberikan tugas untuk mengatasi kekurangan waktu. Untuk meningkatkan penguasaan materi Fikih Wanita perlu adanya kegiatan keputrian yang dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika, Fikih Wanita, MI Sananul Ula
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:54
Last Modified: 18 Sep 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum