INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

NOOR LAILA FITHRIYANA, NIM. 16410082 (2019) INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS)
16410082_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS)
16410082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK NOOR LAILA FITHRIYANA. Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar Belakang penelitian ini berawal dari perdebatan mengenai bentuk negara Indonesia, perdebatan antara negara Pancasila dan negara Islam sebenarnya sudah lama terjadi, namun masih terus dirasakan sampai saat ini. Sesuai dengan UU Sisdiknas bahwa pancasila harus menjadi pondasi Pendidikan Agama di Indonesia, namun realitanya belum terjadi kesesuain dalam ranah afeksi peserta didik. Literasi keagamaan memiliki peran penting dalam menjawab kepanikan tersebut, karena bisa saja terjadi persemaian Islamisme di dalamnya. Maka PAI dan Budi Pekerti sebagai mata pelajaran di sekolah, khususnya di SMA mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan pendidikan dan pemahaman terkait pancasila dan agama, penulis menemukan beberapa materi yang terindikasi memuat nilai-nilai pancasila di dalamnya namun belum dijelaskan secara eksplisit, Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, jurnal, berita, serta peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam materi buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki materi yang dapat di integrasikan dengan nilai-nilai pancasila. (1) Nilai-nilai pancasila tersebut terkandung dalam kelas X, bab I Aku Selalu Dekat dengan Allah, bab IV Al-Qur’an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku, bab VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan, bab VII Malaikat Selalu Bersamaku, bab VIII Hikmah Ibadah Haji, Zakat, dan Wukuf dalam Kehidupan, bab IX Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw di Madinah. Kelas XI terkandung dalam bab I Beriman kepada Kitab-Kitab Allah swt, bab III Melaksanakan Pengurusan Jenazah, bab IV Saling Memberi Nasehat, bab VII Rasul-Rasul itu Kekasih Allah swt, bab IX Prinsip dan Politik Ekonomi Islam, bab XI Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Kelas XII terkandung dalam bab I Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir, bab IV Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi, bab V Menyembah Allah sebagai Ungkapan Rasa Syukur, bab VI Meraih Kasih Allah dengan Iḥsan, bab IX Rahmat Islam bagi Nusantara, bab X Rahmat Islam bagi Alam Semesta. (2) Pengintegrasian nilai-nilai pancasila dengan materi tersebut diharapkan mampu meningkatkan jiwa nasionalisme dan menanggulangi penyebaran paham anti-pancasila yang sedang marak di Indonesia khususnya di kalangan remaja. Karena pancasila adalah pondasi bagi Pendidikan Agama Islam di Indonesia untuk persatuan dan kesatuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muh Wasith Achadi, S.Ag, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai-Nilai Pancasila, Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti.
Subjects: Pancasila
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:54
Last Modified: 18 Sep 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum