PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MUROJA’AH DALAM PELAKSANAAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH HUFFADH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

M. YORDAN ALDISAR, 16410055 (2019) PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MUROJA’AH DALAM PELAKSANAAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH HUFFADH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MUROJA’AH DALAM PELAKSANAAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH HUFFADH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410055_BAB-1_IV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MUROJA’AH DALAM PELAKSANAAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH HUFFADH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410055_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK M. YORDAN ALDISAR. Penerapan Metode Tasmi’ dan Muroja’ah dalam Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an Santri Madrasah Huffadh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Kebanyakan orang bisa menghafal Al-Qur’an tapi sulit untuk menjaganya. Maka diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menjaganya, seperti penerapan metode tasmi’ dan muroja’ah yang dilaksanakan di Madrasah Huffadh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Santri. 2) Untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan metode tasmi’ dan muroja’ah pada pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Santri. 3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan metode tasmi’ dan muroja’ah pada pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Santri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta mengacu kepada landasan teori. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Santri, sudah dilaksanakan sejak dibangunnya Komplek Huffadh. Metode tasmi’: Tasmi’ Ujian 5 Juz atau 10 Juz Perorangan, Tasmi’ Kelompok Ahad Pagi, Tasmi’ Kelompok Jum’at Pagi, Tasmi’ Kelompok Sabtu Wage, Tasmi’ Kelompok Jum’at Legi. Metode muroja’ah : Muraja’ah dihadapan pengasuh, Muraja’ah dihadapan ustadz, Muraja’ah berkelompok (sistem halaqoh dengan teman). 2) Upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah pada pelaksanaan hafalan Al-Qur’an, Faktor Pendukung : motivasi dari orang-orang terdekat, adanya kegiatan tasmi’ yang terkontrol, waktu muroja’ah yang diperbanyak, adanya apresiasi yang diberikan kepada santri berprestasi. Faktor Penghambat : ayat-ayat yang sudah dihafal hilang, malas, kecapekan, banyak maksiat. Upaya mengatasi hambatan : Istiqamah memuraja’ah dan selalu mengikuti tasmi’, Memotivasi diri, Manajemen waktu, Memperbanyak Amalan Sunnah. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah pada pelaksanaan hafalan Al-Qur’an. 3) Hasil yang dicapai dalam Penerapan Metode tasmi’ dan muraja’ah pada Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an Santri, yaitu santri yang taat mengikuti penerapan metode ini akan semakin terjaga, lancar, baik dan mampu mengkhatamkan Al-Qur’an. Akan tetapi masih banyak santri yang sering kabur tidak mengikuti pelaksanaan metode ini, sehingga proses dalam menghafal menjadi terhambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M. A,
Uncontrolled Keywords: Metode Tasmi’, Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:55
Last Modified: 18 Sep 2020 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum