STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID MAGELANG

SITI NURKHATIFAH - NIM. 03420260, (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID MAGELANG)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (916kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID MAGELANG)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis KTSP serta apa saja yang menjadi problem terhadap pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Mungkid Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena pembelajaran. Dengan teknik pengumpulan datanya melalui bentok observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dikelola dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu teknik analisis non statistik akan tetapi dengan cara menjelaskan dan mengurai data dengan menggunakan kata-kata. Dalam penelitian ini penulis mengungkap: (1) strategi pembelajaran berbasis KTSP di SMP Muhammadiyah Mungkid Magelang mencakup pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah : Self esteem approach, Pictorial riddle approach, value clarification and moral development approach, pendekatan berbasis media, pendekatan emotional, pendekatan rasional. Metode pembelajarannya menggunakan metode ampuran (Eclectic method). Teknik-teknik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah : Teknik pengajaran baca tulis, teknik pengajaran struktur atau tata bahasa, teknik pengajaran kosakata (mufrodat), teknik pengajaran ketrampilan menyimak, teknik pengajaran ketrampilan berbicara, teknik ketrampilan membaca, teknik ketrampilan menulis. (2) problem dalam penerepan strategi pembelajaran bahasa Arab , pertama problem guru, yaitu: a) minimnya pemahaman guru dengan implementasi KTSP, baik secara teoritis maupun praktis. b) guru kesulitan menentukan cara dalam memberikan motivasi siswa gar mengaplikasikan bahasa Arab dalam tindakan sehari-hari seperti berbicara, baik di sekolah maupun di rumah. Kedua, Problem siswa. a) kemampuan siswa yang heterogen baik karena latar belakang sekolah maupun karena memang keterbatasan kecerdasan siswa. b) sebagian siswa cenderung belum dapat berperan aktif karena sebelumnya terbiasa dengan metode yang berpusat pada guru. c) siswa kurang berminat terhadap pelajaran bahasa Arab. Ketiga, Problem sumber belajar dan media. a) terbatasnya fasilitas pendukung dan sumber belajar. b) kurang maksimal pemanfaatan sarana dan prasarana sebagian sumber belajar bagi siswa, seperti laboratorium. Keempat, problem distribusi waktu, minimnya alokasi dalam pengajaran bahasa Arab, sebab pembelajaran diberikan seminggu sekali selama satu jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis KTSP
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Sep 2012 21:05
Last Modified: 05 Apr 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3850

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum