EFEKTIVITAS TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019

ZAKY NISA‟ KARIMAH, 14420084 (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420084_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK Zaky Nisa‟ Karimah, Efektivitas Teknik Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik think-pair-share dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Dengan diterapkannya teknik think-pair-share diharapkan dapat mengoptimalkan partisipasi siswa di dalam kelas, sehingga prestasi belajar bahasa Arab siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan quasi ezperimental design tipe nonequivalent control group design. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik Think-pair-share lebih efektif secara signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil dari pengujian SPSS nilai post-test siswa dengan menggunakan uji t independent sample t test menujukkan bahwa berdasarkan dasar pengambilan keputusan dengan perbandingan ttabel (thitung > ttabel). nilai thitung adalah 8,022 dengan df= 61, dengan demikian nilai thitung sebesar 8,002 > ttabel 2,000. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berati ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Think-Pair-Share, Prestasi, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:56
Last Modified: 21 Sep 2020 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum