UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MIS MUHAMMADIYAH UJUNG GADING PADANG SUMATERA BARAT

HAFIZOH, 13480105 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MIS MUHAMMADIYAH UJUNG GADING PADANG SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MIS MUHAMMADIYAH UJUNG GADING PADANG SUMATERA BARAT)
13480105_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MIS MUHAMMADIYAH UJUNG GADING PADANG SUMATERA BARAT)
13480105_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hafizoh. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an Siswa Kelas V di MIS Muhammadiyah Ujung Gading Padang Sumatera Barat”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah membaca dan menulis merupakan langkah awal bagi sebuah pengetahuan, ketika anak masih berjalan pada fitrahnya (tanpa dosa) merupakan fase terpenting untuk dibiasakan membaca Al-Qur’an. MIS Muhammadiyah Ujung Gading Padang Sumatera Barat sebagai sekolah berbasis Islam, memiliki tujuan untuk mengembangkan bahasa Arab yang arahnya nanti menuju pada pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an dengan lebih baik, sehingga lulusan MIS Muhammadiyah Ujung Gading Padang Sumatera Barat seluruhnya dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan lebih baik dibanding dengan lulusan sekolah lain. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan baca-tulis Al-Qur’an siswa kelas V di MIS Muhammadiyah Ujung Gading Padang Sumatera Barat?; 2) Apa saja faktor pend ukung dan penghambatan dalam pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an siswa kelas V di MIS Muhammadiyah Ujung Gading Padang Sumatera Barat?. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan semua variabel yang dapat menyebabkan terjadinya kasus tersebut. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada model analisa interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu guru pembimbing merupakan guru agama, adanya tambahan jam khusus untuk baca tulis Al-Qur’an, serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi (qiroah, kitabah dan istima’), adanya penilaian dan evaluasi terkait peningkatan kemampuan baca tulis siswa. 2) Faktor pendukung dalam peningkatan kemampuan siswa yaitu adanya silabus dan buku pegangan, adanya alat peraga untuk membantu dalam membimbing siswa, serta adanya penambahan jam khusus. Faktor penghambat yaitu kurangnya kontrol orang tua siswa, ketersediaan waktu yang kurang memadai, serta adanya persepsi siswa bahwa bahasa arab itu susah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I.,M.A.
Uncontrolled Keywords: baca, tulis, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2020 13:37
Last Modified: 30 Sep 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum