PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH

Amy Silfi Firmawati, 15480017 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH)
15480017_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH)
15480017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Amy Silfi Firmawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI PUI Kepuh”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penlitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik. Kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu saat pembelajaran tematik yang memuat materi sains proses pembelajarannya lebih kepada bagaimana mentrasfer pengetahuan saja, kebanyakan siswa hanya mengingat dan menghafal konsep tanpa memahami konsep tersebut. Selain itu saat siswa melakukan percobaan, percobaan tersebut gagal dikarenakan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, sehingga keterampilan proses sains belum tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, mengetahui besar pengaruh model pelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, dan untuk mengetahui kenaikan pada setiap aspek keterampilan proses sains siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Tematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis eksperimen. Bentuk desain dalam penelitian ini menggunakan pre eksperimental. Bentuk desain pre eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 24 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pretest dan postest siswa, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang sudah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, besar pengaruh model pelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik yaitu sebesar 52.8%, dan terdapat kenaikan pada setiap aspek keterampilan proses sains siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:52
Last Modified: 02 Oct 2020 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum