Peran Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD Jogja Green School Yogyakarta

Alfin Refangga Restu Putra, 15480048 (2019) Peran Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD Jogja Green School Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Peran Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD Jogja Green School Yogyakarta)
15480048_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Peran Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD Jogja Green School Yogyakarta)
15480048_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Alfin Refangga Restu Putra, “Peran Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD Jogja Green School Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2019. Peneliti memilih farming gardening project sebagai salah satu langkah awal untuk meningkatkan karakter tanggung jawab pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program farming gardening project di SD Jogja Green School, dan bagaimana peran farming gardening project dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian di SD Jogja Green School Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk mengecek keabsahan data, supaya data yang diperoleh lebih konsisten, tuntas dan pasti. Dalam pelaksanaan program farming gardening project peserta didik diajarkan berbagai macam kegiatan seperti menanam, merawat, memanen tumbuhan, pembuatan media hidroponik, dan pembuatan pakan ternak. Peran farming gardening project dalam meningkatkan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SD Jogja Green School telah menunjukkan hasil yang positif dan sudah mencapai indikator tanggung jawab. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kesadaran peserta didik sebagai siswa, tanggung jawab mereka terhadap sesama, dan selalu menjalankan tugas yang telah diberikan kepada mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr, Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: farming gardening project, tanggung jawab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:53
Last Modified: 02 Oct 2020 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum