TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA

AI NURJANAH, 15380089 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
15380089_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
15380089_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari‟ah (KSPPS) BMT Al-Muthi‟in Yogyakarta merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syari‟ah (LKS) non bank yang banyak mengeluarkan produk pembiayaan. Salah satu penyebabnya adalah karena pertumbuhan kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan terkendala dalam memenuhi kebutuhannya. Produk pembiayaan menjadi alternatif untuk membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan. Produk utama yang paling banyak ditawarkan di KSPPS BMT Al-Muthi‟in Yogyakarat kepada masyarakat yaitu pembiayaan akad Murābaḥah karena sedikitnya risiko dalam aplikasinya. Dalam praktik pembiayaan akad Murābaḥah, akad Murābaḥah dan akad Wakālah pernah dijadikan dalam satu waktu. Hal ini berarti pihak penjual akan sekaligus sebagai pemberi kuasa dan pihak pembeli akan berkedudukan sebagai penerima kuasa. Praktik Murābaḥah inilah yang menjadikan penulis tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya praktik Murābaḥah yang ada di KSPPS BMT Al-Muthi‟in Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang penulis lakukan di KSPPS BMT Al- Muthi‟in dengan pendekatan hukum Islam, penelitian ini bersifat deskriptif analitis yaitu berusaha menggambarkan dan menjelaskan bagaimana implementasi akad Murābaḥah, kemudian dianalisis dari perspektif hukum Islam yang meliputi kesesuaian mekanisme pembiayaannya dilihat dari segi pemenuhan rukun dan syarat apakah sudah sesuai dengan kaidah fiqih maupun dengan fatwa DSN-MUI No.09/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad Murābaḥah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode analisis yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi akad Murābaḥah yang diterapkan di KSPPS BMT Al-Muthi‟in Yogyakarta terdapat dua mekanisme dalam pelaksanaan pembiayaan akad Murābaḥah. Mekanisme yang pertama adalah pengajuan permohonan dan negosiasi, proses pembelian barang, akad, proses penyerahan barang, pembayaran angsuran. Mekanisme yang kedua pada dasarnya sama dengan mekanisme yang pertama, yang membedakan adalah setelah proses pengajuan permohonan dan negosiasi terdapat penambahan akad, yaitu akad Wakālah. Dalam praktiknya dari kedua mekanisme tersebut belum memenuhi ketentuan syari‟ah. Hal ini terjadi karena dari segi syarat dan rukunnya ada beberapa aspek yang belum sesuai dengan ketentuan syari‟ah, dikarenakan dalam pelaksanaannya objek akad yang diperjualbelikan belum ada dan belum dimiliki oleh KSPPS BMT Al-Muthi‟in Yogyakarta sebagai pihak penjual. Hal ini dibuktikan dengan adanya pihak supplier. Selain itu pembiayaan yang menggunakan akad Wakālah pada satu kasus yang diperoleh di lapangan dalam penandatangan akad Wakālah dan akad Murābaḥah pernah dilakukan secara bersamaan, padahal hal ini dilarang karena Rasulullah saw melarang adanya dua akad dalam satu transaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YASIN BAIDI, S.AG., M.AG.
Uncontrolled Keywords: LKS, Implementasi, Akad Murābaḥah, Hukum Islam.
Subjects: Hukum Islam
Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:12
Last Modified: 06 Oct 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum