BIMBINGAN KARIR BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN (Studi kasus di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta)

Akhmad Usman Affandi, NIM: 1520311010 (2019) BIMBINGAN KARIR BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN (Studi kasus di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIR BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN (Studi kasus di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta))
BAB I , V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIR BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN (Studi kasus di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan karir bagi remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan bimbingan karir bagi remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta. Penelitian ini termasuk pada penelitian dengan pendekatan kualitatif metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi) yang dilakukan secara interkatif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (kesimpulan). Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Jenis-jenis layanan bimbingan karir di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta mencakup empat hal, pertama layanan informasi tentang diri sendiri, kedua layanan lingkungan hidup yang relevan bagi perencanaan karir, ketiga layanan penempatan, keempat layanan orientasi untuk bidang pengembangan karir. (2) Tahapan-tahapan bimbingan karir di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta mencakup 5 tahapan, pertama tahapan pemahaman diri, kedua tahapan nilai-nilai, ketiga tahapan pemahaman lingkungan, keempat tahapan hambatan dan mengatasi hambatan, kelima tahapan merencanakan masa depan (3) Layanan pendukung bimbingan karir di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta mencakup tiga layanan, pertama layanan bimbingan karir keagamaan, kedua layanan bimbingan karir keterampilan khusus, ketiga layanan bimbingan karir seni dan olahraga. (4) Faktor yang mendukung bimbingan karir bagi remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM Suryowinoto Yogyakarta diantaranya adalah rutinitas kegiatan panti dan keberadaan sumberdaya tambahan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kegiatan insidental dan personalisasi anak panti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Nurjannah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Remaja, Panti Asuhan
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Oct 2020 10:35
Last Modified: 19 Oct 2020 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum