PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF (Studi Kasus Pustakawan Pada Layanan Informasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Khairin Nizomi, NIM: 17200010008 (2019) PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF (Studi Kasus Pustakawan Pada Layanan Informasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF (Studi Kasus Pustakawan Pada Layanan Informasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17200010008_BAB-I_BAB-II_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF (Studi Kasus Pustakawan Pada Layanan Informasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17200010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding pustakawan dengan sikap positif pada layanan informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadikan penghambat dalam menerapkan personal branding pustakawan dengan sikap positif pada layanan informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara dan pengamatan. Proses analisisnya menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terbagi dalam tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penilitian menunjukkan pustakawan pada bagian layanan informasi yang berada di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah cukup mampu untuk menerapkan perilaku sikap secara positif kaitannya dengan personal branding. Dikatakan cukup mampu, karena branding diri dengan sikap positif ini tercemin dalam rasa, sikap dan perilaku yang terdapat di dalam tiga komponen pembentukan sikap yaitu kognitif, afektif dan konatif seperti pustakawan dapat menghargai orang lain, optimalisasi peran pustakawan, perlakuan yang adil terhadap semua pemustaka, flashback positif dari pemustaka, berpikir positif terhadap pemustaka, meyakini pentingnya pemustaka, memberikan penghargaan, dan komitmen dalam menjalani pekerjaan. Kemudian faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam menerakan personal branding pustakawan dengan sikap positif. Meliputi kondisi dan situasi tertentu, yaitu kondisi fisik pustakawan yang sedang kurang baik, lingkungan kerja yang kurang kondusif. Rekomendasi penelitian ini, pustakawan hendaknya selalu berkeinginan mengupgrade pengetahuannya, karena untuk bisa memiliki dan mempertahankan sikap-sikap yang positif, maka menambahakan ilmu merupakan suatu hal wajib yang pustakawan lakukan, agar senantiasa dapat memberikan cara pandang baru dalam seni bersikap

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Pustakawan, Sikap Positif, Layanan Informasi
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Oct 2020 10:38
Last Modified: 19 Oct 2020 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum