PERSAINGAN USAHA HOME INDUSTRI ALAT-ALAT MUSIK DI DESA KALIWADAS BUMIAYU PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Indana Aspika Rima, NIM:17203010063 (2019) PERSAINGAN USAHA HOME INDUSTRI ALAT-ALAT MUSIK DI DESA KALIWADAS BUMIAYU PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERSAINGAN USAHA HOME INDUSTRI ALAT-ALAT MUSIK DI DESA KALIWADAS BUMIAYU PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM)
17203010063_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSAINGAN USAHA HOME INDUSTRI ALAT-ALAT MUSIK DI DESA KALIWADAS BUMIAYU PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM)
17203010063_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Desa Kaliwadas terletak di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes dan termasuk salah satu desa yang terkenal dengan home industrinya yaitu kerajinan alat-alat musik seperti rebana, drumband, marching band, dan lain-lain. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis akan melakukan penelitian di Desa Kaliwadas karena dalam kegiatan usahanya mayoritas masyarakat desa Kaliwadas adalah pengrajin alat-alat musik. Dalam dunia usaha ini mereka mengalami persaingan yang ketat dengan pengrajin lainnya. Persaingan yang terjadi disini adalah dalam hal memasarkan produk, persaingan harga, dan kualitas produk yang sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis normatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif analitik yang mengambil latar di Desa Kaliwadas Bumiayu. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dekumentasi. Rumusan penelitian yang penulis teliti adalah: [1] Mengapa terjadi persaingan usaha home industri di Desa Kaliwadas? [2] Bagaimana strategi pemasaran home industri alat-alat musik dalam etika bisnis Islam? [3] Bagaimana strategi pemasaran dalam persaingan usaha alat-alat musik apakah sudah sesuai dengan etika bisnis Islam? Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya perasaingan di lingkungan home industri alat-alat musik adalah pertama, karena keterbatasan tempat. Kedua, konsumen tebatas tetapi barang produksinya melimpah. Ketiga, tidak semua karyawan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dalam strategi pemasaran sendiri dilihat dari segi produk, dari segi harga, dari segi promosi, dari segi distribusi (tempat). Para karyawan dan pengrajin home industri harus mempunyai sifat kejujuran yaitu jujur dengan tidak menutupi keadaan barang yang sudah cacat, serta tidak menjelek-jelekkan pesaing lainnya. Tepat janji untuk waktu yang telah ditetapkan bersama oleh kedua belah pihak mengenai transaksi dan pengiriman barang produksi. Amanah untuk tidak menukar barang yang baik dengan barang yang buruk ketika memasarkan atau mempromosikan. Murah hati untuk selalu mempunyai sopan santun kepada para konsumen dan masyarakat, dan mencatat hutang jika ada konsumen yang membayar dengan menyicil. Etika atau perilaku yang sudah diterapkan oleh para pengrajin dan karyawan home industri alat-alat musik ini mayoritas sudah menerapkan etika berbisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal tersebut bisa dilihat pada masalah harga, produk, dan kualitas barang produksinya. Para konsumen bisa mendapatkan harga khusus jika sudah berlangganan. Mengenai produk sendiiri, konsumen bisa mendapatkan barang produk yang berkualitas dan sesuai pemesanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Moch. Sodik, S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: persaingan usaha, etika bisnis Islam, strategi pemesaran produk
Subjects: Bisnis Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:11
Last Modified: 20 Oct 2020 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38677

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum