PERBANDINGAN PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (Telaah Sejarah Pembentukan Undang-undang dan Perkembangan Industri)

INNEKE WAHYU AGUSTIN, NIM:17203010075 (2019) PERBANDINGAN PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (Telaah Sejarah Pembentukan Undang-undang dan Perkembangan Industri). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (Telaah Sejarah Pembentukan Undang-undang dan Perkembangan Industri))
17203010075_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (Telaah Sejarah Pembentukan Undang-undang dan Perkembangan Industri))
17203010075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan hukum asuransi syariah tengak eksis di berbagai belahan dunia Islam bahkan dunia barat. Malaysia dan Indonesia dari berbagai negara yang menerpakan Industri keuangan asuransi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Industri keuangan memiliki pengaturan Undang-undang sebagai pedoman menjalankan pelaksanaan usaha. Undang-undang terbentuk memiliki latar belakang berdasarkan dimana corak hukum tumbuh dalam suatu masyarakat. Latar belakang terbentuknya Undang-undang dapat berdampak terhadap perkembangan industri yang sedang berjalan, baik di Indonesia maupun Malaysia. Perkembangan industri asuransi syariah di kedua negara diperbandingkan, sehingga dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya fenomena keadaan perkembangannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan pendekatan perbandingan. Metode analis data yang digunakan penelitian ini deskriptif-analitik-komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumenter dengan menelususri sejarah pembentukan perundang-undangan serta menggali data asuransi syariah sebagai sumber primer yang dapat dipertanggung jawabkan serta data sekunder sebagai data pelengkap dan data penjelas. Peran teori aliran mazhab sejarah, teori hukum sebagai alat rekayasa sosial dan teori perbandingan hukum menghasilkan jawaban dari permasalahan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa undang-undang asuransi syariah di Indonesia dan Malaysia terbentuk atas kebutuhan masyarakatnya. Latar belakang terbentuknya Undang-undang perasuransian di Indonesia dan Malaysia akibat peran karakter masyarakat muslim. Masyarakat Indonesia cenderung memiliki pemikiran obyektif, sehingga lebel syariah sudah dihiraukan. Berbeda dengan masyarakat muslim Malaysia lebih tekstual terhadap fikih sehingga produk asuransi syariahnya lebih unggul dan eksis. Pada perkembangannya industri asuransi syariah baik di Indonesia maupun Malaysia sama-sama memiliki peningkatan disetiap tahunnya. Konsistensi perkembangannya tampak semakin kuat setiap tahunnya dengan adanya berbagai kebijakan-kebijakan baru demi semakin tumbuhnya industri tersebut. Meskipun bedanya Malaysia jauh lebih selengkah di depan dalam menjalankan kebijakan-kebiajaknnya dalam ruang regulasi. Undang-undang asuransi syariah sebagai alat kontrol sosial sehingga mampu membentuk masyarakatnya dengan bentuk pemahaman terhadap praktik asuransi. Sehingga integritas Industri asuransi syariah semakin tinggi dan eksis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PROF. DRS. H. RATNO LUKITO, M.A., DCL
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Pengembangan Asuransi Syariah, Indonesia, Malaysia
Subjects: Manajemen > Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:12
Last Modified: 20 Oct 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum